Para mahasiswa PMM Mahasiswa PMM di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (Foto: Dok )

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 90 mahasiswa dari 61 perguruan tinggi di Indonesia akan berada di  Universitas Syiah Kuala Banda Aceh selama satu semester. Mereka adalah para mahasiswa yang lolos seleksi untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Program PMM merupakan bagian  dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemdikbudristek yang diusung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek  Nadiem Makarim. Penyambutan dilaksanakan belum lama ini di  gedung  AAC Dayan Dawood oleh Rektor Universitas Syiah Kuala (USK)  Prof. Dr. Ir. Marwan

Menurut Prof. Dr. Ir. Marwan program PMM ini adalah kesempatan untuk membangun kolaborasi  antar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “Melalui program ini mahasiswa dapat saling mengenal budaya untuk  membentuk soft skill mahasiswa dalam  meraih cita-cita dengan tetap memperkuat wawasan kebangsaan,” ungkap   Prof. Dr. Ir. Marwan

Kegiatan berlanjut dengan adanya laporan panitia acara oleh  Adrian Damora, S.Pi, M.Si selaku dosen serta staf PIC yang mengawal semua proses mulai dari pendaftaran, penerimaan, proses perkuliahan, sampai program berakhir.

Disampaikan, 90 mahasiswa  yang datang ada dari 61 perguruan tinggi di Indonesia yaitu dari  Jateng, Jabar, Jatim, Jakarta, DIY, Banten, Maluku, Nusa Tenggara  Barat, Nusa Tenggara   Timur, Sulawesi, Kalimantan, Madura. “Mereka  nantinya akan mengikuti program modul nusantara sebanyak 16 kali untuk mempelajari dan mengeksplore budaya, tradisi, makanan khas, adat istiadat serta destinasi wisata edukasi maupun rekreasi” tutur  Adrian.

Selain modul nusantara mahasiswa juga melakukan kegiatan perkuliahan seperti mahasiswa reguler dan berinteraksi dengan dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa dikelas tersebut.

Hadepe – Amaliyatul HR