blank
Street food di area Taman Sampangan, Jalan Menoreh Raya, Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi masyarakat Kota Semarang, pastinya sudah tidak asing lagi mendengar street food. Apa itu street food?

Street food merupakan makanan atau jajanan jalanan dan minuman siap saji yang disiapkan dan dijual oleh para pedagang di pinggir jalanan, pasar dan tempat-tempat umum lainnya.

Di Taman Sampangan Kota Semarang, ada banyak sekali kuliner berupa jajanan, tepatnya berada di Jalan Menoreh Raya, Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Tempat tersebut terletak di pinggiran jalan sepanjang Menoreh Raya, juga di depan SPBU Kelud terlihat banyak sekali jajanan yang dijual dengan harga mulai dari Rp.500 an.

Menurut salah seorang pengunjung, Zulfa Tamam, ex mahasiswi Universitas Wahid Hasyim Semarang mengaku sering jalan-jalan di Taman Sampangan, jika hari menjelang sore.

Pasalnya, di tempat tersebut banyak sekali aneka makanan yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Zulfa menyebut jika dirinya sering jalan-jalan di sekitar taman bersama teman-temannya sambil menikmati aneka jajanan yang ada di sepanjang jalan tersebut.

“Street food jajanan kaki lima di Taman Sampangan sangat ramai pengunjung saat sore hari. Banyak sekali deretan jajanan kaki lima seperti telur gulung, cireng, kebab, jagung susu keju, cimol, tela-tela, corn dog, cilok, manisan, rice bowl, tahu bulat, aneka sosis bakar dan masih banyak lagi,” kata Zulfa kepada Suarabaru.id, Minggu (28/8/2022).

Setiap sore, kata Zulfa, banyak sekali masyarakat setempat berdatangan untuk sekedar jalan-jalan, hunting jajajan kaki lima di Taman Sampangan.

Karena banyaknya pedagang yang berjualan disepanjang jalan taman itu, membuat daya tarik masyarakat sekitar ingin merasakan jajan kaki lima, sambil menikmati suasana santai di taman, dan melihat lalu lalang kendaraan di sekitar taman.

Pengunjung yang datang di Taman Sampangan, selain bisa menikmati jajanan kaki lima, juga bisa menikmati wahana yang ada di taman, terutama bagi yang jalan-jalan bersama keluarga.

Di Taman Sampangan, ada fasilitas seperti ayunan dan prosotan. Untuk kamu yang ingin ke sana membawa anak kecil, tidak perlu khawatir, karena di Taman Sampangan disediakan tempat bermain untuk anak-anak.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba street food di Taman Sampangan?

Ning Suparningsih