blank
Ilustrasi merawat blender. Foto: ilustrasi/dunia masak

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu termasuk orang yang hobi memasak? Banyak orang yang gemar berkecimpung di dapur utamanya wanita, memasak untuk keluarganya.

Namun ada juga yang fokus memasak untuk menjalankan usahanya seperti catering ataupun lainnya.

Dalam memasak porsi banyak, biasanya orang akan menggunakan blender sebagai penghalus bumbu. Jaman sekarang kita dipermudah menggunakan blender sebagai alat penghalus bumbu.

Blender juga sebagai peralatan masak yang bisa membantu kita membuat minuman atau jus dengan cepat.

Blender merupakan alat dapur yang cukup sering digunakan. Untuk menjaga blender tetap awet, kamu perlu merawatnya dengan baik.

Dilansir dari Suara.com (Sukabumi), ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat blender supaya awet.

1. Periksa secara berkala. Sebelum menggunakan blender, pastikan bahwa tidak ada karet kabel yang terkelupas. Selain itu, periksa apakah ada keretakan atau bahkan pecah pada tabung blender.

Kamu juga perlu memeriksa bilah untuk sambungan ke listrik aman. Menggunakan barang elektronik yang rusak justru akan memperburuk kerusakannya.

2. Haluskan bahan makanan yang tepat. Meski dalam buku petunjuk blender bisa menghaluskan semua bahan makanan, pastikan hanya untuk menghaluskan bahan-bahan yang tepat saja.

Beberapa bahan makanan seperti daging apalagi yang terlalu alot hanya akan membuat blender mudah rusak. Beberapa bahan makanan yang terlalu keras dan alot tidak cocok dihaluskan dengan blender.

3. Hati-hati saat menggunakan untuk makanan keras. Blender memang berfungsi untuk menghaluskan sekaligus mencampur makanan. Namun jangan terlalu membebaninya untuk menghancurkan makanan keras seperti kentang, jahe, bahkan es batu.

Jika kamu ingin menghaluskannya, potong-potonglah menjadi bagian lebih kecil terlebih dahulu. Memblender makanan terlalu keras atau berlebih bisa membuat motor blender aus dan merusak bilahnya.

4. Jangan mengisi tabung blender terlalu penuh. Untuk menjaga agar blender yang anda punya awet, usahakan untuk tidak mengisi tabung blender sampai penuh. Cukup seperempat atau setengah tabung saja.

Memblender terlalu banyak hanya akan membuat mesin blender menjadi panas, karena bekerja terlalu keras untuk menghaluskan bahan makanan. Hal tersebut membuat blender yang anda punya cepat rusak.

5. Segera bersihkan blender. Segera bersihkan blender setiap kali selesai digunakan. Jangan menunggu waktu lama untuk membersihkan blender tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat blender agar tetap awet atau tahan lama, dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat ya…

Ning Suparningsih