blank
Polwan Polda Jateng saat kegiatan lomba menggiring bola menggunakan terong, dalam rangka HUT ke 74. Foto: Dok/Humas Polrestabes Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Meriahkan HUT ke-74, Keluarga Besar Polwan Polda Jawa Tengah, menggelar kegiatan senam bersama.

Kegiatan yang berlangsung di halaman apel Mapolda Jateng ini diikuti ratusan Polwan Polda Jateng dan Akademi Kepolisian (Akpol) serta perwakilan Bhayangkari, Jumat (26/8/2022).

Selain senam bersama, kegiatan dimeriahkan dengan lomba game, lomba balap karung, menangkap belut dan menggiring bola menggunakan terong.

Ketua Panitia HUT Polwan Polda Jateng, AKBP Margini menjelaskan, senam bersama merupakan bagian dari sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Polwan ke 74. Ada juga kegiatan lain yang dilaksanakan antara lain tradisi anjangsana dan ziarah, kegiatan bakti sosial, hingga penegakan ketertiban dan kedisiplinan  (Gaktiplin).

“Kegiatan hari ini adalah olahraga bersama dan bakti religi di beberapa tempat ibadah,” kata Margini.

Sementara tema yang diusung pada HUT Polwan ke-74 tahun 2022 adalah “Polri yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural, Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Dikatakan bahwa berbagai kegiatan yang telah dilakukan tersebut menggambarkan peran ganda Polwan yang tidak lepas dari kodratnya sebagai seorang wanita, dengan sosok keibuan, dan dengan tegas mendidik masyarakat melalui fungsi kepolisian.

“Berbagai kegiatan yang bersifat humanis yang digelar menggambarkan sosok Polwan dalam peran aktifnya memberikan kontribusi strategis dan humanis di tengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebut, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Polwan ini merupakan momentum bagi para Polwan untuk menunjukkan jati dirinya sebagai bagian integral dari Kepolisian RI.

“Para Polwan mempunyai peran penting dalam kedinasan Polri. Penanganan-penanganan kasus atau tugas tertentu sangat membutuhkan peran Polwan agar bisa berhasil dengan baik,” tukasnya.

“Seperti penanganan kasus anak dan perempuan, pendampingan psikologis pada korban kejahatan dan bencana alam, merupakan sejumlah kegiatan yang sering mengedepankan peran Polwan,” terangnya.

Melalui momentum HUT Polwan ini, para Polwan diharapkan menjadi lebih bersemangat dan profesional dalam bekerja. Menurutnya, institusi Polri, memberikan peluang bagi Polwan yang berprestasi untuk menduduki jabatan-jabatan tinggi.

“Sudah ada Polwan yang menjadi Kapolres bahkan Kapolda. Semoga ke depan Polwan lebih profesional dan mampu meningkatkan citra dan marwah Polri dalam bertugas di masyarakat,” pungkasnya.

Ning Suparningsih