blank
Ganjar meninjau beberapa instansi yang ada di Mal Pelayanan Publik Sevaka Bhakti Wijaya, yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Foto: humas

SUKOHARJO (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP), Sevaka Bhakti Wijaya di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (25/8/2022). Saat ini, sudah ada sebanyak 13 MPP di Jateng.

Persemian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong itu, juga dihadiri Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN-RB Diah Natalisa, serta Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

”Ini bagian dari komitmen pemerintah, bagaimana pelayanan masyarakat bisa mudah, murah, cepat. Kemudian disatukan, agar masyarakat tidak lari ke sana dan kemari,” ujar Ganjar.

BACA JUGA: Abu Tholut, Eks Napiter Asal Kudus Ini Sebut Radikalisme Mulai Menurun

Dia berharap, kemudahan layanan itu dapat dilakukan secara optimal. Selain itu, ke depan juga terus dikembangkan secara online.

”Harapan saya, ini bagian dari mempermudah layanan. Yang kedua mungkin tidak cukup di sini, kita bisa extand yang online. Maka saya minta yang masuk ke sini dilayani dengan baik, dengan senyum dan sapa,” lanjutnya.

Orang nomor satu di Jateng itu juga memuji Gedung MPP Sevaka Bhakti Wijaya, yang bagus dengan berbagai fasilitas yang ada. ”Gedungnya bagus banget. Ini sepertinya gedung paling bagus sementara yang ada di Jateng,” paparnya.

BACA JUGA: Hasil Kerajinan Kayu Jati Jepon Diekspor ke Korea

Sejauh ini, ungkap Ganjar, sudah ada 13 MPP yang ada di Jateng. Tahun ini, rencananya akan ditambah lima MPP lagi.

”Sekarang sudah ada 13 MPP di Jateng. Tahun ini tambah lima lagi. Ini bukan hanya layanan secara fisik saja, tetapi juga digitalnya disatukan di sini agar masyarakat mendapat pelayanan satu atap,” imbuhnya.

Ganjar menambahkan, dengan adanya MPP akan mampu mengubah perilaku pelayanan pemerintah bagi masyarakat.

BACA JUGA: PWI Kabupaten Blora Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

”Mudah-mudahan kalau semua bisa transparan, terbiasa melayani masyarakat akan bisa mengubah perilakunya, untuk melayani yang baik, yang prima dan tidak korupsi, tidak pungli. Sehingga masyarakat terpuaskan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dalam sambutannya menyampaikan, MPP Sevaka Bhakti Wijaya berdiri di atas lahan seluas 3.600 meter persegi, dengan luas bangunan 2.620 meter persegi.

”Dibangun dengan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Sukoharjo tahun 2021, senilai Rp 21,4 miliar,” ungkapnya.

BACA JUGA: IDI Kudus Jadi Orang Tua Asuh Bagi Anak Penderita Stunting

Menurut Etik, MPP hadir untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamaman kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. ”Saat ini telah bergabung 32 instansi dan 138 jenis layanan yang ada di MPP ini,” tandasnya.

Sebelumnya, MPP yang telah diresmikan Ganjar di antaranya ada di Kabupaten Banyumas, Kendal, Batang, Jepara, Kebumen, Tegal, Karanganyar, Pati, Kudus, Kota Surakarta, Kota Salatiga dan Kota Magelang.

Selain itu, beberapa daerah juga tengah menyiapkan MPP seperti ini. Di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Demak serta beberapa daerah lainnya komitmen untuk menyusul.

Riyan