Andang Wahyu Trianto, SE, MM Ketua Dekopinwil Jawa Tengah periode 2022-2025 menerima pataka Dekopin dari Ketua Umum Dekopin Pusat Dr Sri Untari Bisowarno, MAP dalam pelantikan Pimpinan Dekopinwil Jawa Tengah periode 2022-2025, di Hotel Quest Semarang Kamis (25/8/2022). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Tengah akan siapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten, dalam mengelola organisasi untuk eksistensi organisasi yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Andang Wahyu Trianto, SE, MM Ketua Dekopinwil Jawa Tengah periode 2022-2025 kepada awak media, dalam pelaksanaan Rakernas Dekopin 2022 dan Pelantikan Pimpinan Dekopinwil Jawa Tengah periode 2022-2025, di Hotel Quest Semarang Kamis (25/8/2022).

Dengan menyiapkan SDM yang berkompeten susuai bidangnya, Ketua Dekopinwil bertujuan ke depan, untuk mengaktifkan kembali badan atau lembaga di Dekopinwil, yang selama ini kurang efektif dalam menjalankan peran dan fungsinya, untuk lebih berperan aktif sebagai lembaga yang strategis dalam gerakan koperasi di Jawa Tengah.

“Bahkan boleh dikatakan, saat ini sangat pasif atau mati suri. Jadi nanti setelah dilantik, kita akan melakukan rakerda, untuk melakukan konsolidasi dengan koperasi primer dan sekunder di tingkat Jawa Tengah hingga Dekopin yang ada di daerah-daerah,” tandas anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah ini.

Dengan mengaktifkan bidang dan lembaga di Dekopinwil, lanjutnya, diharapkan dapat menyatukan program yang selaras, sehingga dapat menangkap dan menyelaraskan program-program dari pemerintah, untuk bersama-sama bersinergi melakukan peningkatan dan penguatan perekonomian masyarakat.

Legalitas Hukum Jelas

Ketua Umum Dekopin Pusat Dr Sri Untari Bisowarno dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Dekopin yang dipimpinnya saat ini merupakan organisasi atau lembaga yang memiliki legalitas yang jelas dalam susunan kepengurusannya.

Ketua Umum Dekopin Pusat Dr Sri Untari Bisowarno, MAP saat memberi sambutan, didampingi Ketua Pimpinan Dekopinwil Provinsi di Indonesia yang hadir dalam pelantikan Pimpinan Dekopinwil Jawa Tengah periode 2022-2025, di Hotel Quest Semarang Kamis (25/8/2022). Foto : Absa

“Kepemimpinan dan kepengurusan kami jelas legalitasnya. Yaitu Keppres No 6 tahun 2011 tentang anggaran dasar Dekopin, yang dikuatkan oleh UU No 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Dan lagi juga diakui oleh Pemerintah Indonesia, melalui kehadiran Menteri Koperasi yang memberikan sambutannya. Jadi sangat jelas dan Jagan ragu untuk mengembangkan koperasi melalui Dekopin,” tegasnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dengan mengambil tema Percepatan dan perkuatan kedaulatan pangan dan energi terbarukan melalui peran koperasi dan kelompok perempuan, diharapkan dapat memenuhi target pemerintah Indonesia untuk berdikari dalam bidang ekonomi sesuai program yang dijalankan Presiden RI yang pertama.

Dalam pelaksanaan Rakernas Dekopin 2022 dan Pelantikan Pimpinan Dekopinwil Jawa Tengah periode 2022-2025 tersebut, selain dihadiri Ketua Kadin Jawa Tengah dan Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, hadir pula pejabat Pemerintah Kota Semarang danKetua Pimpinan Dekopinwil Provinsi di Indonesia.

Absa