blank
Dirut PT PRPP memberikan keterangan pers penyelenggaraan GMF 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jateng Fair yang sempat terhenti lantaran pandemi, dalam waktu dekat akan digelar kembali. Sebagai awalan, rangkaian Jateng Fair dimulai dengan gelaran Grand Maerakaca Fair 2022 (GMF 2022).

Direktur Utama PT. PRPP Jateng Perseroda, Titah Listiorini mengatakan, GMF 2022 adalah pekan raya yang akan menjadi awalan menuju bangkitnya kegiatan Jateng Fair 2023 setelah vakum selama 2 tahun karena badai Covid.

Bertempat di Grand Maerakaca yang beralamat di J1 Anjasmoro Tawangsari Semarang, GM Fair 2022 akan diadakan setiap hari mulai tanggal 27 Agustus-4 September 2022 pukul 09.00 -21.00 WIB dengan tiket masuk Rp 20.000.

Adapun untuk pembukaannya akan dilaksanakan pada Minggu (28/8/2022) yang akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Konsep yang diusung pada GM Fair 2022 adalah Desa Batik, dimana area akan didekorasi dengan motif batik khas dari Pekalongan, Jawa Tengah. Di dalamnya juga menampilkan proses kerajinan batik, mulai dari proses menggambar pola peluruhan, hingga pewarnaan,” kata Titah, Kamis (25/8/2022).

Pengunjung dapat menyaksikan dan mendapat informasi mengenai batik Pekalongan, selain itu pameran GM Fair 2022 akan diisi oleh beberapa tenant Pemerintah Kabupaten Kota di Jawa Tengah, SKPD Provinsi Jawa Tengah, BUMN, dan BUMD.

Tak ketinggal turut serta sejumlah perusahaan swasta nasional dan lokal Jawa Tengah, pameran multi produk, institusi pendidikan, UMKM, stand kuliner dan komunitas hobi, parade drum band, thrifting bazaar, hingga K-pop competition.

Selain itu, Pemprov Jateng dan PT. PRPP Jateng turut berkolaborasi dalam pameran otomotif terbesar di Jawa Tengah yaitu Grand Maerakaca Auto Show (GAS 2022) dimana acara ini merupakan pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Bapenda Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Titah, acara ini sebagai upaya untuk merangsang pembelian kendaraan baru dan meningkatkan realisasi BBNKB agar mencapai target yang telah ditetapkan dengan tagar #Taxvacation.

“Didalam GAS itu sendiri pengunjung dapat menikmati cinema XXII, hiburan musik serta photobooth. Di GM Fair 2022 kami menyediakan wahana yang dapat digunakan oleh pengunjung mulai dari mangrove trekking, kereta safari, becak air, dan beragam lainnya.

Selama GM Fair juga akan ada panggung musik dan budaya dengan berbagai penampilan yang menarik, mulai dari tradisional dan modern,” katanya.

Titah menjelaskan, pada tanggal 27 dan 28 Agustus serta tanggal 2 dan 3 September, panggung musik akan diisi oleh artis nasional seperti Evan Loss dan Tami Aulia (27 Agustus), Abah Lala dan Yeni Inka (28 Agustus), Guyon Waton (2 September), Mr. Jono and Joni dan Woro Widiowati (3 September).

Penampilan para artis nasional tersebut dapat dinikmati oleh para pengunjung dengan harga tiket mulai dari Rp 50.000 (festival) dan Rp 100.000 (VIP) dari jam 5 sore hingga jam 10 malam.

 

“Dalam acara GM Fair 2022 kali ini, kami menargetkan 120 tenant untuk berpartisipasi dalam event ini,” kata Titah.

Akan tetapi, hingga saat ini jumlah tenant yang bergabung telah melebihi dari target yang telah dibuat, dimana tenant yang bergabung menjadi 166 tenant dengan rincian untuk tenant Kabupaten/Kota (18), SKPD (12), BUMD (11), swasta (65), serta institusi pendidikan (4) selain itu ada juga turut berpartisipasi grup ESDM seperti dari PLN, Pertamina, Semen Grobogan.


Adapun strategi promosi yang kami lakukan dalam mempromosikan GM Fair 2022 ini yakni melalui marketing digital, sosial media, publikasi umum, community, hingga advertising,” katanya.

Lebih jauh Titah mengatakan, nantinya selama 9 hari GM Fair diselenggarakan, PT. PRPP menargetkan sebanyak 40.000 Pengunjung yang datang dan menikmati seluruh acara baik GM Fair maupun GAS.

Selama acara, pihaknya juga tetap memberlakukan prokes yang berlaku seperti scan barcode PL, hand sanitizer, menyediakan tempat cuci tangan dan memakai masker serta menjaga jarak.

“Harapannya dengan memberikan service excellent kepada para tamu dan tenant agar setelah pulang dari GM Fair bisa menularkan happiness bagi semuanya,” pungkasnya.

Hery Priyono/mh