blank
Tim PkM USM memberikan sosialisasi rencana pendampingan pendampingan teknis perencanaan renovasi pembangunan Masjid As-Syuhada Perumahan Rumpun Diponegoro, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebagai bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM) memberikan pendampingan teknis perencanaan renovasi pembangunan Masjid As-Syuhada Perumahan Rumpun Diponegoro, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada 9 Agustus 2022.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim PkM USM, Sri Wanto, S.T., M.T mengatakan, kegiatan diawali dengan survei lapangan untuk mengetahui kondisi eksisting Masjid As-Syuhada.Tim PkM kemudian melakukan analisis dan perencanaan untuk membuat gambar desain serta menghitung rencana anggaran biaya (RAB).

”Tujuan kegiatan untuk membantu takmir dalam membuat desain perencanaan renovasi pembangunan masjid. Tim PkM memberikan pendampingan teknis kepada mitra dalam membuat gambar rencana desain renovasi pembangunan masjid serta perhitungan RAB yang diperlukan,” katanya.

Bendahara Masjid As-Syuhada, Joko Supriyono mengtaakan, renovasi Masjid As-Syuhada diperlukan untuk menambah kapasitas atau daya tampung jamaah serta memperindah sisi estetika masjid, sehingga jamaah dapat merasa nyaman ketika melaksanakan ibadah.

Dewan Penasihat Masjid As-Syuhada, Dr. H. Alex Sujanto, S.E., S.Pd., M.M berterima kasih kepada USM yang telah membantu dalam membuat gambar desain renovasi serta menghitung biayanya. ”Kegiatan PkM semacam ini diperlukan dan bermanfaat untuk kedua belah pihak. Kami berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan di masa mendatang,” ujarnya.
Pengabdian masyarakat ini didukung oleh PT. Yodya Karya (Persero) sebagai konsultan perencana serta dibantu oleh Hendra Masvika, S.T., M.Eng., Lila Anggraini, S.T., M.T., dan Trias Widorini, S.T., M.Eng., selaku anggota dan didukung oleh 2 orang mahasiswa Prodi Teknik Sipil USM.

”Output dari kegiatan PkM ini berupa gambar desain bangunan masjid dan RAB, kemudian diserahkan kepada takmir untuk dapat digunakan pada proses renovasi pembangunan Masjid As-Syuhada,” ungkapnya.

Muhaimin