blank
Ustad Abu Bakar Ba'asyir menggunakan kursi roda, mengikuti HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Foto: Dok/Humas Polda Jateng

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke -77 juga dirayakan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

Ratusan santri dan pengurus pondok melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 yang juga diikuti sejumlah peserta dari TNI-Polri dan siswa SMA Al Islam.

Tokoh ulama setempat, Ustad Abu Bakar Ba’asyir hadir menggunakan kursi roda. Ustad Abu Bakar nampak serius mengikuti momen demi momen yang berlangsung dalam upacara itu.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy hadir sebagai Inspektur Upacara.

Menteri Muhadjir menyampaikan pentingnya seluruh elemen masyarakat untuk bersyukur atas kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia.

“Rasa syukur ini memberikan optimisme bagi bangsa Indonesia untuk terus berikhtiar membangun bangsa. Seiring dengan meredanya pandemi kita meyakini “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Kita harus move on dan bangkit berkarya untuk memajukan bangsa,” kata dia.

Menteri PMK juga menyinggung jumlah penduduk Indonesia yang akan mencapai 294,11 juta jiwa pada tahun 2030, yang merupakan tahun puncak bonus demografi, dimana 64 persen diantaranya merupakan penduduk usia produktif.

“Apabila kalian berhasil memanfaatkan momentum bonus demografi tersebut, Insya Allah akan lebih siap menyongsong tahun 2045 sebagai tahun Indonesia emas,” ujar Muhadjir.

Mewakili pemerintah, Menteri PMK menyampaikan apresiasi pada Ponpes Al Mukmin, Ngruki, yang telah menyelenggarakan upacara HUT Kemerdekaan NKRI ke-77.

“Semoga bisa terus dilanjutkan untuk memupuk jiwa kebangsaan dan bela negara bagi seluruh peserta didik di lingkungan Yayasan Al Mukmin Ngruki ini,” ungkapnya.

Terkait kegiatan upacara HUT Kemerdekaan, Direktur Ponpes Al Mukmin Ngruki, Ustadz Yahya Abdur Rohman menjelaskan, kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 di Ponpes Al Mukmin Ngruki ini merupakan inisiasi Kapolres Sukoharjo dan Dandim Sukoharjo

“Dengan dukungan dari Dandim dan Kapolres Sukoharjo, kita selenggarakan upacara Kemerdekaan RI yang ke-77 dengan besar. Kita libatkan sebanyak 600 santri Ponpes Al Mukmin untuk mengikuti upacara ini. Selama 4 hari para santri terlibat dalam gladi kesiapan upacara, sehingga bisa berlangsung khidmat,” jelasnya.

“Kita buktikan kepada dunia luar, bahwa Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bukan anti NKRI,” imbuhnya.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan berharap, melalui penyelenggaraan upacara peringatan Kemerdekaan RI ini dapat menanamkan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan kepada para santri agar dapat semakin baik.

Sementara itu Kapolda Jateng melalui Kabidhumas, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyampaikan apresiasi kepada Ponpes Al Mukmin dan para pengurus atas berlangsungnya upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Ponpes tersebut.

“Polda Jateng juga mengapresiasi kerja keras Forkompimda dalam hal ini Polres dan Kodim Sukoharjo yang menginisiasi dan membantu penyiapannya, sehingga berlangsung dengan lancar dan khidmat,” kata Iqbal.

Ning Suparningsih