blank
Para murid dari sejumlah SD di Kota Solo, menggelar aksi bendera massal di Monjari. Disertai dengan menyanyikan bersama Lagu Berkibarlah Benderaku karya Ibu Sud.(Dok.Republik Aeng-Aeng)

SOLO (SUARABARU.ID) – Serangkaian kegiatan Gebyar Tujuhbelasan dalam memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, dilakukan oleh Republik Aeng-Aeng di Kota Solo.

Yakni menggelar sarasehan, aksi bendera massal di Monumen Banjarsari (Monjari) Surakarta, bersama para siswa dari SDN Cemara, SDN Madyotaman, SDN Kestalan, SDN Kepatihan, SD Kr Banjarsari, dan SDN Rejosari.

Menggelar aksi Solo Berkebaya-Kebaya Milik Kita, aksi massal menggambar memakai kapur tulis di permukaan jalan beraspal, lomba ketanggakasan tradisional tarik tambang model atraksi Bambu Gila. Yang dilakukan para murid dan oleh warga masyarakat di sejumlah tempat.

Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor (bukan tentara) Haristanto, semalam, menyatakan, sarasehan yang digelar bertajuk ”Bangga Bangsa Merdeka.”

”Berlangsung Minggu pagi (14/8) di area bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD), tepatnya di Ruas Jalan Protokol Slamet Riyadi Solo,” ujarnya.

Acara sarasehan, tambah Mayor, mendapatkan dukungan dari Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah. ”Menghadirkan pula 20 pesepeda onthel lawas yang tergabung dalam Paguyuban Maheso Krodha,” jelasnya.

Tampil sebagai pembicara, Presiden Republik Aeng Aeng Mayor Haristanto dan Momi Satyotomo dari  Himpunan Kerabat Mangkunegaran. Bertindak sebagai moderator Dosen Universitas Slamet Riyadi Solo, Kristi Damayanti.

Rakyat Merdeka
 
Mayor Haristanto, tokoh kreatif Kota Bengawan peraih 31 anugerah pemecahan rekor dunia dari MURI, berharap, seluruh bangsa Indonesia dapat menjadi rakyat yang merdeka dalam segala hal.

blank
Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto, tampil memimpin Aksi Kebaya Milik Kita-Solo Berkebaya di Ruas Jalan Protokol Slamet Riyadi.(Dok.Republik Aeng-Aeng)

”Semoga Allah SWT kabulkan dan meridhoi apa yg menjadi harapan kita semua. Tetap semangat,  jaga kesatuan dan persatuan,” ungkap  Tri Irianto, Ketua Paguyuban Sepeda Onthel Lawas (lama) Maheso Krodha, Kartosura.

Momi Satyotomo, menyebutkan, acara sarasehan berlangsung sukses, peserta cukup antusias. Juga menarik perhatian para pengunjung CFD. ”Mungkin lain kali, topiknya dibuat lebih besar dan menarik perhatian masyarakat,” ujarnya.

Gunawan, dari Kesbangpol Provinsi Jateng, menyatakan, pelaksanaan sarasehan sangat bagus dan meriah, dilaksanakan langsung bersama warga masyarakat. ”Semoga melalui kegiatan ini, dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme yang sekarang ini sudah mulai tergerus,” katanya.

Kristi Damayanti, menilai, melalui saresehan bersama komunitas, dapat mensyukuri nilai-nilai luhur kemerdekaan. Yakni melalui nilai-nilai kejuangan, melalui cinta budaya, cinta negeri,  dan membangun semangat melayani.

Acara dipungkasi dengan nyanyi bareng Lagu Gebyar-gebyar karya Gombloh (Alm), dan permainan ketangkasan tradisional balap karung.

Bambang Pur