blank

JEPARA (“SUARABARU.ID) – Memperingati hari Pramuka ke-61, Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kembang melaksanakan kemah selama tiga hari, Sabtu-Senin (13-15/8/2022) kemarin, di Sono Keling, Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Serangkaian kegiatan dilaksanakan selama kemah. Puncak acaranya yakni upacara peringatan HUT Pramuka ke-61.

Upacara HUT Pramuka dilaksanakan penuh khidmat. Camat Kembang, Anwar Sadat, S.STP, MH menjadi instruktur upacara. Dalam amanatnya, Anwar Sadat mengajak anggota Pramuka untuk terus mengabdi.

“HUT pramuka ke -61 mengusung tema  Mengabdi Tanpa Batas untuk membangun Ketangguhan Bangsa. Hal ini mengandung makna gerakan pramuka dapat membangun citra positif, berintegritas, kompetensi di era digital ini. Bersama dalam rangkaian kegiatan pramuka untuk dapat mendorong atau membangun karakter bangsa pasca pandemi,” jelas Anwar.

Anwar mengatakan, momen peringatan HUT Pramuka harus menjadi pemantik agar lebih bersemangat dalam membangun bangsa.

“Pada kesempatan ini mari bulatkan tekad, mengobarkan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian demi tercapainya tujuan bangsa. Yakni masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila,” lanjut Camat Kembang.

Upacara memperingati HUT Pramuka ke-61 di Kwaran Kembang diikuti seluruh peserta perkemahan. Upacara juga dimeriahkan drumband dari MTs KRM Marzuki. Nuansa syahdu mengiringi rangkaian kegiatan pramuka di Kwaran kembang.

Adapun peserta kemah terdiri dari Gugus Depan (Gudep) SD Negeri dan swasta, serta dari MI di Kecamatan Kembang. Juga anggota Pramuka dari SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA di Kecamatan Kembang. Di antara kegiatan selama kemah yakni lomba pionering, hasta karya, membaca sandi, dan PBB.

Kemah sendiri sempat terkendala cuaca. Pada Sabtu (13/8/2022) malam, hujan deras mengguyur. Sehingga peserta diputuskan untuk dipulangkan dikarenakan area kemah becek dan cuaca dingin.

Peserta kemah pun baru kembali keesokan harinya. Meski demikian, rangkaian kegiatan tetap berjalan sesuai jadwal. Dan hanya beberapa rangkaian acara pada Sabtu malam yang tak terlaksana. Seperti renungan ulang janji (RUJ).

Hadepe – Tim Flowpedia_Kembang