blank
Kantor SAR Semarang saat melaksanakan sertifikasi arung jeram, untuk tenaga pencarian dan pertolongan dengan kualifikasi level II (menengah) di Sungai Elo, Kabupaten Magelang. Foto: Humas SAR Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tingkatkan kemampuan dan keterampilan pencarian dan pertolongan di air, Kantor SAR Semarang melaksanakan sertifikasi arung jeram, bagi tenaga pencarian dan pertolongan (rescuer) dengan kualifikasi level II (menengah).

Kegiatan yang dilaksanakan di Sungai Elo Kabupaten Magelang tersebut diikuti oleh 16 personil anggota Kantor SAR Semarang yang bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) sebagai pelatih.

“Kegitan tersebut berlangsung selama 5 hari yang dilaksanakan dari tanggal 8-12 Agustus 2022. Para peserta juga dibekali materi teori dan praktik,” kata Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Minggu (14/8/2022).

Adapun untuk materinya antara lain, klasikal pengenalan, peralatan dan morfologi sungai. Ada juga praktik self rescue dan team rescue, praktik rescue by rope, pengendalian perahu, morfologi sungai dan efek arus terhadap perahu, pengendalian perahu di jeram, praktik menjadi skipper, dan river running system.

Sementara itu puncak dari kegiatan tersebut adalah simulasi pengarungan yang dilakukan 2 trip berturut-turut.

“Dalam pelaksanaan operasi SAR di air, diharapkan seluruh tenaga pencarian dan pertolongan sudah berkompeten dalam bidangnya,” ujar Heru.

Heru berharap peningkatan kompetensi dan sertifikasi arung jeram ini dapat mempertajam keahlian para rescuer dalam kegiatan pencarian dan pertolongan, maupun kegiatan air lainnya.

Ning Suparningsih