blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Sabtu (13/8) meninjau stan buah-buahan pada Festival Kaliratu di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Festival KaliratU di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kebumen, pada 12-14/8 berlangsung meriah.

Kegiatan tersebut tergolong sukses menyedot perhatian masyarakat, khususnya di wilayah pesisir selatan Kebumen. Bahkan festival dipadukan dengan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi ini/ Sekaligus memeriahkan Bulan Muharam, dan menyambu5 Hari Kemerdekaan RI yang ke 77.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pun memberi dukungan dan menghadiri acara tersebut. Hadir pula Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mohammad Arifin, Kepala Dinas Kominfo Budhi Suwanto serta Camat Kirong Eko Purwanto.

blank
Warga Desa Jogosimo, Klirong, Kebumen, berkumpul pada Festival Kaliratu serta sedekah bumi Sabtu 14/8.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

“Festival Kaliratu bukan hanya menggabungkan pariwisata dan ekonomi, tapi juga kebudayaan, seperti halnya grebeg suran yang tadi diadakan. Ada arak-arakan 4 gunungan yang berisi berbagai macam sayuran, dalam rangka memerti desa, atau syukuran desa,” ujar Bupati Arif Sugiyanto di Kaliratu, Sabtu (13/8).

Pameran Produk UMKM

Bupati menyatakan, ini merupakan gambaran kecil Kebumen International Expo (KIE). Banyak masyarakat hadir untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan, dari tumpengan massal, ada juga konser musik, dan juga pameran dari produk-produk UMKM dari masyarakat di Kecamatan Klirong.

“Ini seperti mininya KIE. Ada beberapa pertunjukan, baik kesenian, kebudayaan, konser musik, ada juga pameran UMKM 12 stan. Yang pasti kegiatan ini sukses menggerakan ekonomi masyarakat sekitar,”jelasnya.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melihat kerajinan gerabah pada Festival Kaliratu di Desa Jogosimo, Klirong, Sabtu 13/8.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

Menurut penuturan Bupati, Kaliratu nanti bisa dikembangkan untuk wisata kuliner malam. Hanya saja perlu penataan agar lebih terlihat rapi. Misalnya, dengan diberi stan dan lampu, serta panggung hiburan. “Kita akan sulap Kaliratu dari sesuatu yang belum pernah ada, menjadi ada,”jelas Arif Sugiyanto.

Pada kesempatam itu, Bupati juga menyempatkan yekar atau tabur bunga di Sungai Kaliratu. Festival Kaliratu menggelar berbagai lomba, seperti panjat pinang. Kemudian ada juga gerakan bersih-bersih pantai.

Komper Wardopo