Ajakan  akan ditindaklanjuti lebih jauh  dan apa saja yang dapat dikerjasamakan antara dua belah pihak.“Ini kesempatan kerja sama yang bagus.

“Mari kita diskusikan lebih jauh apa saja yang kira-kira dapat dibuat kerja sama untuk memajukan universitas masing-masing,” ungkap Feri Setyowibowo.

Instructor and Curriculum Chair Kansas State University Cary Chappell menyatakan sangat antusias dengan dilakukannya penjajakan kerja sama kedua belah pihak.

Antara  UNS dan Kansas State University sebenarnya sejak 2018 sudah menjalin kerja sama secara tidak langsung. Pada 2019 mahasiswa Fakultas Pertanian UNS pernah magang di KSU Amerika Serikat untuk penelitian.

Rencana kerja sama yang dirintis kedua belah pihak menjadi buyar dengan munculnya pandemi covid-19.

“Pandemi merusak hubungan yang sebelumnya sempat terjalin. Untuk itu, kami mencoba untuk memperbaiki hubungan dengan menjajaki kerja sama lagi sehingga animo mahasiswa internasional kembali meningkat,” jelasnya.

Sejumnlah skema kerja sama  diantaranya kursus singkat (short course), kursus daring (online course) dengan angka kredit, kursus daring (online course) tanpa angka kredit, conversation class with native speakers, dan beasiswa bagi mahasiswa internasional.

“Tidak tertutup kemungkinan skema kerjasama lainnya,” tambahnya.

Bagus Adji