blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama sejumalah tokoh nasiona yang hadir di KRI Dewaruci ( Foto: Brian)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Mengikuti  Diskusi Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara  yang diadakan di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, Kamis (11/8/2022) di Jakarta, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta optimis tahun ini Ratu Kalinyamat akan mendapatkan  gelar pahlawan nasional dari pemerintah pusat. “Insyaallah berhasil,” ujarnya saat dihubungi SUARABARU.ID Kamis malam.

Optimisme  Edy Supriyanta  bukan saja karena fakta – fakta sejarah yang diajukan sebagai sumber primer  pengajuan gelar, tetapi tokoh nasional yang hadir dan memberikan dukungan. Bahkan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri mendukung penuh pemberian gelar tersebut dan berharap  pemerintah menetapkan  Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional tahun ini.

Edy Supriyanta juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Darma Bhakti Lestari yang telah bersama-sama masyarakat Jepara mengusulkan gelar pahlawan nasional.

Harapan Edy  setelah Ratu Kalinyamat di tetapkan sebagai  pahlawan nasional,  dapat menjadi sumber motivasi dan  inspirasi kawula muda untuk mencontoh dedikasi dan perjungannya, hususnya kawula muda di Jepara untuk membangun Jepara yang lebih baik, Jepara yang maju, inovatif dan kreatif dengan tidak meninggalkan kearifan lokal

Karena itu ia mohon doa dari sel;uruh warga masyarakat Jepaera agar Ratu Kalinymat dapat dinobatkan sebagai pahlawan nasional pada hari Pahlawan mendatang.

Dalam rangka memberikan penghormatan terhadap kiprah besar Ratu Kalinyamat dalam panggung perjuangan nusantara, Edy menjelaskan akan dilangsungkan pentas ketoprak spektakuler dengan cerita Rainha de Japora pada tanggal 20 Agustus mendatang di alun-alun Jepara dalam rangjkaian acara Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit.

Hadepe