blank
Konsultan internasional organisasi kesehatan dunia WHO (World Health Organization), Mr. Chandrakant Moghe (tengah, berkaca mata), memuji vaksinasi di Jepara melalui kegiatan Posyandu, saat mengunjungi Posyandu Harapan Bakti VI Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Rabu (10/8/2022)

JEPARA(sUARABARU.ID)-Konsultan internasional badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization), Mr. Chandrakant Moghe, memuji pengorganisasian imunisadi di Jepara, melalui kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Hal itu disampaikan Chandrakant saat mengunjungi Posyandu Harapan Bakti VI, di RT 1 RW 3 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo.pada Rabu (10/8/2022) siang. Dalam kesempatan itu, Chandrakant bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah dan Dinkes Kabupaten Jepara, melakukan supervisi pelaksanaan vaksinasi.

Menurut Chandrakant, kedatangannya ke Posyandu Harapan Bakti VI untuk melakukan observasi bagaimana program vaksinasi berjalan. Dia juga mendorong masyarakat dan kader pelaksana agar vaksinasi sukses. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dan petugas di desa.

Setelah mengamati lebih dari dua jam pelaksanaan vaksinasi, Chandrakant menyebut, kegiatan  Posyandu terorganisir dengan baik. Dalam pandangannya, antusiasme warga membawa balita mendapatkan vaksinasi, menjadikan kegiatan di Posyandu terlihat seperti sebuah ‘festival.”

blank
Antusiasme vaksinasi BIAN di Suwawal

This is well organized Posyandu. You can see it’s just like a festival here, and the partizipation from the local community is good,” tandas konsultan WHO tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Jepara dokter Eko Cahyo Puspeno yang menyambut kedatangan WHO di Suwawal bersama Forkopincam Mlonggo menyebut, kunjungan dari WHO didampingi Dinkes Jawa Tengah bagi Kabupaten Jepara adalah sebuah kehormatan. WHO memang ingin meninjau langsung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Suwawal, mulai dari proses penggerakan sarasan, sampai penerapan prokes, dan teknik pelaksanaan vaksinasi.

blank
Lintassektor kesehatan Suwawal dan Forkopincam Mlonggo, membersamai Dinkes Jepara menyambut WHO

“Sangat diperhatikan kesesuaiannya dengan prosedur yang ditetapkan WHO, termasuk pengelolaan limbah, pencatatan, dan pelaporan,” kata dokter Eko. Menurutnya, WHO memang menilai pelaksanaan BIAN di Suwawal berjalan bagus.

“Tinggal nanti dimaksimalkan peningkatan capaiannya, termasuk menjaga kualitas vaksinasi itu sendiri,” tambahnya.

Terkait pujian WHO kepada Posyandu Harapan Bakti VI, dokter Eko menyebut, sejak dulu Desa Suwawal terkenal sangat kompak dalam program-program kesehatan.

“Bisa dibilang, layanan kesehatan setara Posyandu, ya, memang di Posyandu ini pusatnya,” kata dokter Eko.

blank
Penyuntikan vaksin

Dia mengapresiasi semua stake holder dan lintas-sektor di Suwawal yang selalu kompak mendukung program-progam kesehatan.

“Harapan kami, ini menjadi contoh bagi yang lain supaya BIAN dan program kesehatan lain bisa berjalan sukses,” tandasnya.

Hadepe – Aksl