blank
BPBD Kabupaten Wonogiri, menggelar sosialisasi ketangguhan masyarakat menghadapi bencana. Kegiatan ini digelar di Gedung Pertemuan Desa Sendangsari, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, menggelar sosialisasi ketangguhan masyarakat menghadapi bencana. Kegiatan ini digelar di Gedung Pertemuan Desa Sendangsari, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Lokasi TMMD berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

”Tujuan sosialisasi ini untuk membangun ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana,” jelas Bambang Haryanto. Peserta sosialisasi sebanyak 30 orang. Terdiri atas unsur Organisasi Sosial Kemasyarakatan, termasuk di dalamnya dari PKK dan Karang Taruna, Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan tokoh masyarakat.

Materi kegiatan yang disampaikan, tentang mitigasi bencana alam, penyusunan skenario melalui simulasi gladi ruang, penanganan bencana tanah longsor, serta pemahaman bidang operasi dalam penanggulangan bencana.

Tampil menjadi narasumber dan fasilitator, Aisyah, Heri dan Richard, ketiganya dari BPBD Kabupaten Wonogiri. Pelaksanaan sosialisasi berlangsung Selasa (9/8).

Tujuan sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan melatih kemandirian serta kemampuan peserta, untuk kesiapan dan  kesiapsiagaan menghadapi bencana. ”Sehingga terbangun masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana,” tegas Bambang Haryanto.

Bambang Pur