blank
Petugas PEP Cepu Field menangani pipa di Sambong. Foto: PEP Cepu

BLORA (SUARABARU.ID) – Pertamina EP (PEP) Cepu Field melakukan upaya cepat dalam penanganan rembesan minyak di jalur pipa yang menuju MOS Menggung. Jalur pipa ini sudah tidak aktif sejak Maret 2022.

Field Manager PEP Cepu Field, Agung Wibowo, Selasa (09/08/2022) menduga rembesan di wilayah Desa Pojok Watu, Kecamatan Sambong Kabupaten Blora merupakan sisa minyak yang berada di dalam pipa yang sudah tidak dipakai lagi.

“Sesaat setelah diketahui adanya ceceran minyak, tim PEP Cepu Field langsung melakukan penulusuran untuk mencari titik rembesan dan melakukan penanganan dan pembersihan disekitar rembesan di jalur pipa,” jelas Agung Wibowo.

Sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) untuk pengamanan lokasi, PEP Cepu Field  memasang safety line dan melakukan pula penyekatan drainase  serta anak sungai.

“Tim PEP Cepu field, terlihat sigap melakukan pembersihan area menggunakan vacuum truck,” ucap Agung Wibowo.

Field Manager PEP Cepu Field, Agung Wibowo mengatakan saat ini jalur pipa Ledok – Menggung tidak aktif digunakan karena pengiriman minyak menggunakan truckline, imbuhnya.

“PEP Cepu field juga melakukan kordinasi dan bekerjasama dengan Pemerintah setempat serta terus melakukan pembersihan ceceran di area tersebut. Dalam melakukan penanganan tim PEP Cepu Field memastikan aspek keselamatan manusia dan lingkungan,” ujar Agung  Wibowo.

Kudnadi Saputro