blank
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto (ketiga dari kanan), saat jumpa pers di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022). Foto: suara.com

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menilai, pengungkapan kasus tewasnya Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat menjadi momentum bagi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengembalikan citra institusi Polri.

Sebabnya, Listyo mendapatkan perintah dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyelesaikan kasus tewasnya Brigadir J yang menyeret Bharada E, ajudan dengan pangkat terendah sebagai tersangka.

Benny mengatakan kalau kasus tewasnya Brigadir J menjadi magnet bagi publik lantaran melibatkan ajudan-ajudan dari Irjen Ferdy Sambo. Menurut Benny, warganet bersimpati karena ada orang yang jabatannya lebih rendah yang kemudian menjadi kambing hitam pada kasus tersebut.

blank
Benny Susetyo, taf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Fot: Dok SB

“Ini yang dikorbankan orang kecil, kalau dari sudut komunikasinya terang-benderang,” kata Benny dalam diskusi yang digelar RKN Media, Selasa (9/8/2022).

Benny juga melihat sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang meminta Polri menyelesaikan kasus tewasnya Brigadir J. Ia berpandangan kalau Listyo harus tunduk kepada atasannya yakni Jokowi.

“Jenderal Sigit tidak punya posisi tawar yang kuat karena tidak punya intrik tersembunyi, maka ini saat momemtum besar untuk membersihkan bayangan-bayangan yang ada dalam polisi. Bisa karena ada dukungan dari presiden, ini beda dengan zamanannya Soeharto ” jelasnya.

Benny juga melihat sikap Jokowi yang mendekonstruksi hukum untuk keadilan. Ia melihat polisi bersikap tidak biasa khusus pada kasus tewasnya Brigadir J semisal seluruh permintaan keluarga korban yang dituruti oleh pihak kepolisian.

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos atau akrab disapa Cok melihat peristiwa ini menjadi signal bagi penegakkan hukum untuk mengembalikan citra polisi  sebagai institusi yang benar dipercaya

wied