blank
Prof KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, PhD, yang biasa dikenal dengan Din Syamsuddin, sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita didampingi Ketua DPW Jawa Tengah Dodik Indrawirawan memberikan keterangan pers kepada awak media di Hotel UTC Kota Semarang, Sabtu sore (6/8/2022). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Prof KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, PhD, yang biasa dikenal dengan Din Syamsuddin, sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita, menargetkan partainya lolos dalam verifikasi administrasi maupun faktual, agar bisa menjadi partai peserta Pemilu 2024 mendatang.

Hingga saat ini menurutnya, secara nasional Partai Pelita secara administrasi sudah memenuhi, bahkan sudah melampaui persyaratan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Menurut ketentuan KPU, secara administratif sudah terbentuk di 75 persen di seluruh kota/kabupaten dan provinsi di Indonesia dan partai ini (Partai Pelita) sudah di atas persyaratan. Kita targetkan lolos verifikasi administrasi dan faktual dari KPU, sehingga akan dinyatakan in syaa Allah nanti, akan menjadi partai peserta Pemilu, melalui keputusan KPU pada tanggal 14 Desember 2022 yang akan datang,” jelasnya kepada awak media, usai menjadi pembicara Ceramah Kebangsaan yang digelar Partai Pelita di Hotel UTC Kota Semarang, Sabtu sore (6/8/2022).

BACA JUGA :  Hadapi Pemilu Tahun 2024 Partai Pelita Siap Kibarkan Bendera di Kota Semarang

Setelah lolos, lanjut Din Syamsuddin, akan terus berjuang dan nanti pada waktunya menargetkan partainya menjadi partai alternatif yang jauh dan menghindari diri dari pragmatisme dan oportunisme politik yang merusak budaya politik Indonesia.

“Saya sangat yaqin dan optimis, generasi muda bangsa dan generasi bangsa Indonesia secara keseluruhan, masih banyak kaum idealis. Itulah yang ingin kita tampung dan Saya terjun dengan sepenuh hati untuk perjuangan profesional struktural ini, dalam jalur nilai-nilai etika dan moral,” ujar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dua periode ini.

Din Syamsuddin juga menyampaikan, setelah partai yang lebih fokus membidik kaum milenial ini lolos, ikut menjadi partai peserta Pemilu 2024, ke depan akan dilakukan pendidikan dan penataran orientasi kepada seluruh fungsionaaria partai, mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

“Segera setelah lolos nanti, kita lakukan penataran orientasi untuk seluruh fungsionaaria partai. Mulai DPP, DPW, DPD dan DPC se Indonesia dan juga nanti, ada training pelatihan-pelatihan khusus bagi calon anggota legislatif,” papar mantan Wakil Sekjen DPP Golkar tahun 1998-2000.

Oleh sebab itu diimbau kepada seluruh jajaran Partai Pelita di seluruh tanah air untuk berjuang, berjibaku untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan KPU dan siap melakukan verifikasi mulai bulan Agustus hingga November 2022 mendatang.

blank
Penghargaan cinderamata diserahkan kepada Prof Din Syamsuddin oleh Ketua DPW Jawa Tengah Dodik Indrawirawan didampingi jajaran pengurus DPW dan DPD Kota Semarang di Hotel UTC Kota Semarang, Sabtu sore (6/8/2022). Foto : Absa

“Dengan do’a, harapannya Partai Pelita dinyatakan sebagai partai peserta Pemilu 2024. Kita optimistis,” harap mantan Wakil Ketua Umum MUI Pusat ini optimis.

Jawa Tengah Penuhi Syarat

Disampaikan pula oleh Ketua DPW Jawa Tengah Dodik Indrawirawan, bahwa kepengurusan di Provinsi Jawa Tengah sudah memenuhi syarat yang ditetapkan KPU, terkait struktural kepengurusan Partai Pelita di tingkat kota/kabupaten (Dewan Pimpinan Daerah) di Jawa Tengah.

“Alhamdulillah di Jawa Tengah ini sudah terbentuk 91 persen, dari total 35 kota/kabupaten, kita sudah terpenuhi 29 kepengurusan secara administratif. Ada 4 DPD yang lagi kita proses, ini Syaa Allah 1-2 hari ini sudah selesai,” ujarnya saat mendampingi Ketua MPP Din Syamsuddin.

Empat DPD yang lagi proses, lanjutnya, adalah Purbalingga Banjarnegara, Demak dan Pati hanya tinggal menunggu SK (surat keputusan) kepengurusan.

Dan pada kesempatan itu, kepengurusan DPD yang sudah resmi terbentuk di Jawa Tengah, secara keseluruhan juga hadir dalam Ceramah Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Partai Pelita.

Absa