blank
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) RI, Prof Edward Omar Sharif Hiariej saat kunjungan kerja di Unit Pelaksana Teknis Eks-Karesidenan Pati. Foto: Dok/Humas Kumham

PATI (SUARABARU.ID) – Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) RI, Prof Edward Omar Sharif Hiariej melakukan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis Eks-Karesidenan Pati.

Dalam kunjungannya Wamenkumham didampingi Kakanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin dan Pimti Pratama, yang mana mereka mengunjungi lima UPT sekaligus.

Rutan Kelas IIB Demak menjadi lokasi awal kunjungan. UPT yang dipimpin Riski Burhannudin menyambut Prof Eddy dan mengajak rombongan berkeliling ke tiap ruang pelayanan, untuk melihat langsung layanan yang diberikan kepada pengunjung maupun warga binaan.

Selanjutnya rombongan meninjau Kanim Kelas I Non TPI Pati. Sama seperti pada UPT sebelumnya, Wamenkumham dalam agenda kunjungan kerjanya tersebut menyoroti seputar pelayanan keimigrasian yang dilakukan oleh Kanim Pati.

Menurutnya standar pelayanan yang diberikan oleh Kanim Pati sudah baik. Hal tersebut terbukti dengan raihan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2021.

Sementara itu di Bapas Kelas II Pati, Wamenkumham secara khusus memberikan motivasi kepada pegawai di bawah komando Muhamad Nurseha.

Sebagai UPT Pemasyarakatan yang memiliki tusi melakukan penelitian kemasyarakatan, pembimbingan, pengawasan, dan pendampingan kepada klien, Bapas Pati mengampu 6 Kabupaten di wilayah Eks-Karesidenan Pati dengan jumlah Pembimbing Pemasyarakatan 22 orang.

“Beban kerja cukup berat, sehingga kerja yang profesional menjadi syarat utama dan tetap menjaga integritas,” pesan Wamen, Jumat (5/8/2022).

Kunjungan selanjutnya adalah Lapas Kelas IIB Pati. Di sana, Kepala Lapas Febi Dwi Hartanto menunjukkan berbagai hasil bimbingan kerja para warga binaan. Prof Eddie juga sempat mencicipi cemilan yang baru saja dibuat warga binaan.

Terakhir Wamenkumham dan rombongan singgah di Rutan Kelas IIB Kudus. Karutan Suprihadi mengajak rombongan berkeliling blok hunian dan menyapa para warga binaan.

Eddy mengapresiasi seluruh UPT di Eks-Karesidenan Pati yang telah memenuhi standar pelayanan. Kelima UPT itu pun terus berbenah seiring proses Pembangunan ZI menuju WBK/ WBBM.

Ning Suparningsih