Ketua Bappilu Partai Demokrat Wonosobo, Sutopo (pegang mic) saat menyampaikan sosialisasi pendaftaran Bacaleg. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Partai Demokrat Wonosobo Sutopo menyatakan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) di DPRD setempat dari Partai Demokrat telah dibuka.

“Pendaftaran Bacaleg dimulai awal Agustus 2022 ini hingga selesai. Para Bacaleg bisa secepatnya mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran di Kantor DPC Partai Demokrat, Sumberan, Wonosobo,” ujarnya, Kamis (4/8).

Dia mempersilahkan kader internal, tokoh masyarakat, aktifis organisasi, tokoh pemuda, kaum profesional dan kalangan milenial untuk mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif di DPRD melalui Partai Demokrat.

“Bagi pendaftar Bacaleg dari generasi milenial akan dapat perhatian dan tempat khusus. Sebab, mereka merupakan generasi baru yang perlu diberi kesempatan terjun ke dunia politik dengan menjadi calon wakil rakyat,” ujarnya.

Uji Kompetensi

Ketua Bappilu Partai Demokrat Wonosobo, Sutopo. Foto : SB/Muharno Zarka

Generasi milenial direkrut, tambah dia, karena mereka merupakan anak muda yang hidup di era digital. Diharapkan kaum milenial bisa jadi vote getter bagi pemilih pemula dari unsur generasi muda yang melek tehnologi informasi.

Era digital menuntut partai politik untuk bisa melakukan kampanye lewat dunia maya. Generasi milenial nanti diharapkan bisa melakukan kampanye lewat media sosial (medsos). Mengenalkan diri dan program partai lewat FB, IG, twitter mau Tik-Tok,” cetusnya.

Sutopo yang juga anggota Komisi C DPRD Wonosobo itu, menyebut semua bacaleg dari Partai Demokrat, baik dari kader internal maupun unsur eksternal, harus melalui proses uji kompetensi politik ideologi kepartaian, sebelum didaftarkan ke KPU.

“Hal itu, dilakukan guna mendapatkan calon wakil rakyat yang benar-benar punya integritas tinggi, kompetensi politik mumpuni dan profesional sekaligus loyal pada ideologi Partai Demokrat,” tegas pria yang juga Ketua Cabor Kock Boxing Wonosob itu.

Muharno Zarka