blank
Para murid SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro, Wonogiri, akan menyajikan kesenian Reog Dadak Merak Ponorogo, di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (6/8).(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pentas ketoprak dengan bintang tamu Pelawak Kondang, Marwoto, akan digelar Sabtu malam (6/8) di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. Ini menjadi bagian agenda dari Festival Agustus Merdeka 2022 Go Nyawiji Wonogiri.

Sebagaimana diketahui, Marwoto Kawer (Sri Slamet Sumarwoto) lahir 21 Oktober 1952, merupakan tokoh seniman Dagelan (lawak) gaya Mataraman yang serba bisa. Dia populer, karena biasa pentas di panggung ketoprak dan wayang orang, ikut pagelaran wayang kulit para dalang kondang, tampil siaran di media televisi (Kamera Ria, Ketoprak Humor).

Marwoto, juga pernah menjadi aktor yang membintangi setidak-tidaknya di 25 judul film (1982-2022) dan main di 3 sinetron (2013-2016). Aktor kreatif serba bisa ini, juga menjadi bintang iklan di sejumlah media. Baik untuk sosialisasi program-program pemerintah, maupun menjadi bintang iklan aneka produk komersial.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Wonogiri, Eko Sunarsono, Kamis (4/8), menyatakan, pentas ketoprak tersebut akan menyajikan lakon ‘Lenggot Beksan Prawan Primbon.’ ”Betutur tentang asal-usul nama Ngadirojo Wonogiri, dengan back story popularitas ‘Ledhek’ Ngadirojo,” jelasnya.

Sebagai seniman dalang dan pengrawit, Eko Sunarsono, tampil memimpin pentas ketoprak yang akan melibatkan sebanyak 25 pemain tersebut. Termasuk para seniman pengrawit dan dalang-dalang muda. Pentas ketoprak ini, dalam rangka sosialisasi ketentuan di Bidang Cukai Tembakau melalui media seni pertunjukan rakyat.

Event festival Agustus Merdeka Go Nyawiji Wonogiri 2022 telah dimulai sejak Senin malam (1/8) lalu, dan diagendakan akan berlangsung sampai dengan Sabtu malam (13/8) mendatang. Selama kurun sepekan dari Tanggal 1 sampai dengan 6 Agustus 202, di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, setiap malam dipentaskan aneka hiburan gratis untuk masyarakat Wonogiri.

Kethek Ogleng

Pertunjukan band dengan berbagai genre dan ragam aliran musik, disajikan secara bergiliran setiap malam oleh sejumlah group yang digandrungi kawula muda. Giliran Sabtu malam lusa (6/8), akan naik pentas kesenian ketoprak bersama tari kolosal Kethek Ogleng dan Reog Dadak Merak, tari kontemporer Lines Dance dan fashion show.

blank
Kethek Ogleng menjadi kesenian khas Wonogiri. Diagendakan, Sabtu (6/8) akan dipentaskan para murid SMK Negeri 2 Wonogiri di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Wonogiri, Gunarsi, menyatakan, tari kolosal Kethek Ogleng akan dibawakan para murid SMK Negeri 2 Wonogiri. ”Kemudian reog dibawakan oleh para siswa SMK Muhammdiyah 5 Purwantoro Wonogiri,” jelasnya.

Tari kolosal Kethek Ogleng Wonogiri sering dipentaskan dalam event-event besar baik di tingkat kabupaten, regional Jateng maupun tingkat nasional. Juga kerap kali memeriahkan penyambutan tamu berkelas VVIP.

Kemudian kesenian Reog Dadak Merak, biasa dimainkan oleh para murid SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro Wonogiri berkolaborasi dengan para warok (seniman reog). Karena Purwantoro merupakan wilayah ujung timur Wonogiri, yang berada di tapal batas dengan Kabupaten Ponorogo, Jatim, tempat asal-usul kesenian Reog.

Rencananya, setelah jeda selama sepekan (6-12 Agustus 2022), Festival Agustus Merdeka 2022 akan ditutup Sabtu malam (13/8) mendatang, dengan pentas musik Michela The, The Flash Rock Band dan Padi Reborn.

Bambang Pur