blank
Personel Polsek Bulukerto Polres Wonogiri (kanan), proaktif memberikan pendampingan pelayanan vaksinasi untuk pencegahan PMK. Vaksinasi langsung diberikan ke kandang-kandang sapi milik para peternak.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pelayanan vaksinasi langsung diberikan ke kandang-kandang para peternak sapi di Desa Domas, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan, dalam rangka pencegahan penularan Penyakit Mulut Kuku (PMK).

Pemberian vaksinasi dilakukan oleh Tim Kesehatan Hewan yang dipimpin Stevani dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kecamatan Bulukerto. Ikut hadir memberikan pendampingan, Kepala Desa (Kades) bersama perangkat desa Sugihan dan Krandegan, personel Polsek dipimpin Kapolsek AKP Sandaya dan anggota Koramil Bulukerto bersama pengurus Kelompok Tani Peternak.

Pelayanan vaksinasi pencegahan PMK, dilakukan dengan cara mendatangi ke kandang-kandang pemilik ternak sapi. Sesuai target, hari ini (Rabu 3 Agustus 2022) telah diberikan vaksinasi sebanyak 100 ekor sapi jenis Limosin, sapi Jawa Unggul dan Metal.

Humas Polres Wonogiri, semalam, menegaskan, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto beserta seluruh jajaran Polsek se Wonogiri, sejak awal telah memberikan perhatian serius dalam memberikan dukungan terhadap langkah pencegahan PMK.

Tertinggi Bulukerto

Sebagaimana diberitakan, terhitung sampai Tanggal 2 Agustus 2022, PMK pada sapi telah menyebar di 22 dari 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Total kasus sebanyak 821, tujuh ekor diantaranya mati dan 722 ekor sembuh.

Kematian sapi terjadi di Kecamatan Baturetno sebanyak 2 ekor, dan masing-masing satu ekor di Kecamatan Bulukerto, Jatisrono, Manyaran, Eromoko dan Wuryantoro.

Kasus aktif tercatat sebanyak 59 ekor, yang dipotong paksa 33 ekor dan yang divaksinasi sebanyak 4,511 ekor. Tiga dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri yang terbebas PMK, adalah Kecamatan Selogiri, Kecamatan Paranggupito dan Kecamatan Giritontro.

Angka ketertularan tertinggi PMK di Kabupaten Wonogiri terjadi di Kecamatan Bulukerto sebanyak 156 ekor. Menyusul di Kecamatan Manyaran sebanyak 78 ekor, Kecamatan Baturetno (74 ekor), di Kecamatan Jatisrono sebanyak 63 ekor dan di Kecamatan Purwantoro 61 ekor.

Bambang Pur