blank
FAnggota DPRD dari fraksi Nasdem yang hadir di rapat paripurna.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ketua DPD Kawali Jepara Tri Hutomo menyayangkan gagalnya rencana penyampaian rancangan kebijakan umum APBD serta prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA PAS) tahun 2023 dari Pemerintah Kabupaten Jepara kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Pasalnya Rapat paripurna DPRD beragenda penyampaian rancangan tersebut, yang digelar pada Selasa (2/8/2022) siang di ruang paripurna DPRD, tidak memenuhi kuorum.

“Padahal pembahasan KUA PAS merupakan tahapan penting penyusunan APBD 2023. Sebelum masuk paripuirna juga telah diajas di fraksi dan juga pimpinan DPRD,” ujar Tri Hutomo.

Karena itu ia mempertanyakan komitmen DPRD  yang dikemas dalam tagline Jepara Bangkit Bergerak Bersama. “Lazimnya tidak kuorum itu setelah dilakukan pembahasan dan ada persoalan yang belum disepati. Lha ini khan aneh, materi yang akan dibahas baru akan diserahkan, tetapi banyak anggota DPRD yang tidak datang,” ujar Tri Hutomo.

Menurut Tri sebaiknya pimpinan DPRD segera melakukan komunikasi dengan para pimpinan fraksi untuk menyelesaikan kebuntuan tersebut. “DPRD harus bersama-sama menatap kedepan dan bukan malah berorientasi  pada masa lampau,” ujar Tri Hutomo. Harapan kami DPRD bisa solid melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar, tambahnya.

Secara resmi, tidak terpenuhinya kuorum tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif dari kursi pimpinan. “Sesuai ketentuan, kuorum rapat paripurna ini adalah 50 persen ditambah 1 dari seluruh anggota dewan yang berjumlah 50 orang. Berdasarkan informasi dari Sekretariat DPRD, anggota DPRD yang sudah hadir dan menandatangani daftar hadir ada 10 orang,” kata Haiz saat menyampaikan tidak tercapainya kuorum tersebut pada pukul 15.22 WIB.

Dia lantas merinci anggota DPRD yang hadir dan menandatangani daftar hadir, terdiri dari 1 orang dari Fraksi PPP, 5 orang dari Fraksi PDIP, dan 4 orang dari Fraksi Nasdem. Jumlah dan rincian ini sama persis dengan yang dia sampaikan sekitar 1 jam sebelumnya. Pada kesempatan pertama, Haiz lantas menunda rapat paripurna untuk menunggu bertambahnya angggota dewan. Namun pada akhirnya tidak ada tambahan anggota yang hadir.

Hadepe