blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto foto bersama dengan para finalis Duta GenRe.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Bupati Kendal Dico M Ganinduto menghadiri acara Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Kendal tahun 2022 di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Rabu (03/08/2022).

Selain menghadiri pelaksanaan Grand Final GenRe ini, Bupati Kendal Dico M Ganinduto juga melakukan pengukuhan Forum Generasi periode 2022 – 2024.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengucapkan selamat kepada suluruh finaslis yang telah bertahan hingga tahap grand final ini. Pihaknya juga menyampaikan bahwa Duta GenRe akan menjadi Role Model dari generasi muda yang bakal turut melaksanakan sosiaslisasi kepada masyarakat.

“Nanti yang terpilih sebagai juara, maupun semua finalis yang hingga saat ini bertahan, akan mengemban tugas dalam memberikan konseling kepada masyarakat terkait penundaan pernikahan dini, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif(Napza) dan seks pranikah. Apabila Duta GenRe dapat melaksanakan tugas dengan baik tentunya telah menjadi bagian dalam mensukseskan program pemerintah,” papar Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Dico juga menyampaikan, bahwa akar dari kemajuan suatu daerah salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM) yang merupakan generasi muda, hal ini juga sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Kendal pada pilar ke empat yakni pengembangan SDM 4.0.

Pemerintah daerah akan berkomunikasi kepada Duta GenRe dalam mensukseskan beberapa program dan akan selalu melakukan kolaborasi khususnya terkait edukasi yang akan dilakukan di masyarakat.

“Sebagai Duta GenRe, semuanya telah mendapatkan beberapa materi edukasi baik permasalahan Napza, seks pranikah maupun keluarga berencana. Selain itu, sebagai Duta Genre tahun 2022, semua juga telah mendapat target baru yaitu ikut mensukseskan program pemerintah dalam hal percepatan penurunan angka stunting,”ujar Dico.

Ketua Panitia Pemilihan Duta GenRe 2022 yang juga Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kendal, Nur Fuad mengatakan, pelaksanaan Duta GenRe ini, telah berlangsung sejak bulan Juni 2022 silam.

Jumlah peserta awalnya 67 orang dan setelah dilakukan seleksi hingga penobatan sebagai Duta GenRe yang dilakukan tiga tahapan, menyisakan 30 orang atau 15 pasang calon Duta GenRe tahun 2022.

“Seleksi sudah dimulai sejak bulan Juni 2022 lalu. ttahap awal kami melakukan dengan cara daring yaitu seleksi administrasi dan tes wawancara daring. Tahap dua saat ini menyisakan 30 peserta atau 15 pasang dan akan kami lakukan tes tambahan yakni dengan melakukan tes urine,”kata Nur Fuad.

Pada tahap ketiga, lanjut Nur Fuad, pihaknya akan menyisakan lima pasang dan tes akan dilanjut untuk penentuan juara atau penobatan Duta GenRe tahun 2022.

Selain tiga nominasi juara Duta GenRe, terdapat juga satu nominasi sebagai juara Influencer atau seorang dengan jumlah followers atau pengikut banyak, yang memiliki pengaruh besar kepada audience.

“Selurh finalis pasangan Duta GenRe, akan mendapat tugas yakni melakukan sosialisasi terkait dengan program keluarga berencana,”ucapnya. Sapawi