blank
Rektor Unissula lantik pengurus Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi Unissula

SEMARANG  (SUARABARU.ID) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melantik pengurus Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (Sema PT) di kampus Kaligawe (1/08). Rektor Unissula memimpin langsung pembacaan ikrar pelantikan Sema PT periode 2022/2023 tersebut.

Adapun mereka yang dilantik ketua umum terpilih Hajir Alamsyah, wakil ketua Yunita Sintiani, sebagai Sekertaris Andini Raudatul Jannah, dan sejumlah pengurus lainnya.

Prof Dr Gunarto SH MHum mengungkap beberapa tugas yang diemban oleh senat. “Tugas pertama senat adalah membawa aspirasi mahasiswa. Kemudian membuat regulasi dari aspirasi-aspirasi mahasiswa. Senat harus belajar membuat regulasi setelah menampung aspirasi mahasiswa. Saudara berlatih untuk membuat peraturan-peraturan mahasiswa,” jelasnya dalam sambutan.

Setelah tugas-tugas itu senat harus melakukan pengawasan terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Juga membuat rekomendasi bagi pemimpin selanjutnya, dan memberikan perubahan. “Terakhir menjalankan perkaderan peralihan kepemimpinan secara efektif,” ungkapnya.

Senat juga tidak boleh merasa takut ketika ada pelanggaran di lingkungan kampus. Khususnya jika ada dosen yang melakukan kekerasan kepada mahasiswanya. “Jadi jangan takut untuk melapor. Karena rasa takut itu hanya kepada Allah SWT,” pungkasnya.