Saat ini harga cabai merah mulai membaik, sehubungan datangnya masa panen . Cabai merah yang dijual dalam pasar murah di Solo sebanyak 0,5 ton dan didatangkan dari Temanggung yang menjadi salah satu sentra komoditas sejenis di Jateng.

Sedangkan bawang merah yang dipasarkan dalam pasar murah sebanyak 2.000 Kg.” TPID Surakarta mensepakati ditribusi pasar murah berlangsung di empat titik layanan yakni di arena Car Free Day (CFD)di depan Lojigandrung, Sriwedari, dan Galabo serta di halaman Balaikota Surakarta,” terangnya.

Pada kesempatan terpisah Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Pemkot Surakarta  Arif Handoko  melaporkan, pasar murah digelar di CFD karena bisa langsung ke masyarakat/konsumen. Sehingga tepat sasaran dan demand nya bisa terkendali serta harga menjadi normal lagi. Bawang dan cabai diambil dari Gapoktan sehingga harga yang dijual kemasyarakat bisa benar benar murah selain juga ada subsidi untuk ongkos distribusi.

Jadi biaya logistik disubsidi  diambil dari sentra yang juga disubsidi sehingga bisa memangkas beberapa rantai  distribusi yang bisa menambah margin  hari ini benar benar murah. Cabainya murah bawang merahnya juga murah.

Secara terpisah dari para penjual di pasar murah di Balaikota Surakarta diperoleh keterangan, bawang merah dijual  Rp27.000/kg sedangkan harga di pasar kisaran Rp 35.000- Rp 50.000/kg; cabai merah keriting Rp 60.000/kg sedangkan harga di pasar ada pada kisaran Rp 65.000/ kg; cabai rawit grade 1  Rp55.000/kg sementara harga di pasar kisaran Rp 62.000/ Kg; cabai merah besar seharga Rp65.000 harga di pasar kisaran Rp70.000.

Bagus Adji