blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tahun Baru 1444 Hijriyah, menjadi momentum upaya peningkatan semangat nasionalisme anak bangsa, agar mampu menjawab berbagai tantangan zaman. Situasi ini harus diwujudkan, dalam rangka membangun bangsa dan negara yang lebih baik di masa datang.

”Berbagai perubahan yang terjadi di dunia saat ini, memang menjadi tantangan kita bersama. Bagaimana kita bisa menyatukan cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam menghadapi berbagai tantangan, untuk mewujudkan bangsa dan negara yang lebih baik,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/7/2022).

Menurut dia, untuk berubah menuju hal yang lebih baik harus datang dari diri setiap anak bangsa. Hal ini dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan yang telah disepakati bersama, seperti Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

BACA JUGA: Kontes Kambing PE Ras Kaligesing, Diikuti Peternak dari Tiga Provinsi

Berbagai tantangan bangsa di berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, hanya mampu dijawab dengan menyatukan cara pandang kita sebagai anak bangsa, dalam menjawab berbagai tantangan.

”Menjadi pembelajar yang baik jadi salah satu langkah yang harus segera dilakukan, agar bangsa ini mampu menjawab berbagai perubahan di dunia, yang menyebabkan berbagai krisis global di berbagai sektor kehidupan,” tegas dia.

Semangat persatuan dan kesatuan bangsa, tambah anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus diperkuat guna menghadapi gelaran pesta demokrasi Nasional berupa Pemilu serentak pada 2024.

BACA JUGA: Ratusan Guru Akan Terlibat dalam Pagelaran Ketoprak Spektakuler ‘Rainha de Japora’

Di tengah terjadinya krisis global dan pelaksanaan ajang kontestasi terbesar antaranak bangsa dalam Pemilu serentak, imbuh Rerie, sangat dibutuhkan kematangan dalam berpikir dan bertindak, serta kedewasaan dari setiap anak bangsa dalam menjalani kegiatan berbangsa dan bernegara.

”Setiap anak bangsa, harus mampu menjaga stabilitas negeri ini di tengah gejolak yang terjadi akibat berbagai krisis yang di tingkat global,” tegas Rerie yang juga anggota DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu.

Disampaikan juga, semangat untuk mengubah diri dalam rangka mewujudkan bangsa dan negara agar menjadi lebih baik, harus benar-benar tercermin dalam setiap upaya yang dilakukan.

Komitmen setiap anak bangsa dalam mewujudkan negara yang adil makmur berdasarkan Pancasila, tambahnya, harus benar-benar kuat dalam menjalani proses berbangsa dan bernegara, di masa bermunculannya ancaman krisis global saat ini.

Riyan