blank
Ganjar menyempatkan diri berbincang dengan para atlet disabilitas asal Jateng, yang akan memperkuat Kontingen Indonesia di ASEAN Paragames XI/Solo. Foto: humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta pada para atlet disabilitas, untuk menanamkan mental juara saat bertanding dalam ajang ASEAN Paragames (APG) XI 2022 di Solo, 30 Juli-6 Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat melepas atlet NPCI Jateng, yang akan memperkuat tim Indonesia di Asean Paragames XI/Solo, Jumat (29/7/2022). Mulanya Ganjar bertanya tentang negara kompetitor yang jadi pesaing kuat Indonesia.

”Coba saya tanya atlet, dari negara lain ada nggak yang kira-kira jadi kompetitor berat itu, dari negara mana?” tanya Ganjar pada para atlet dan pelatih.

BACA JUGA: Pendaftaran Dimulai, Sejumlah Partai Baru Optimistis Bisa Lolos Pemilu 2014

Para atlet kompak menyebut beberapa negara, seperti Myanmar, Vietnam dan Thailand. Ketiga negara itu menurut para atlet, menjadi kompetitor berat di sejumlah nomor cabang olahraga.

”Nah dari sekian negara itu, ada nggak dari atlet kita saat ketemu mereka itu terus juara?” tanya Ganjar.

”Ada pak, waktu ASEAN Paragames di Malaysia, yang saat itu juara umum kita,” ujar salah satu pelatih.

BACA JUGA: Wabup Wonosobo Minta SMP Negeri 3 Kertek Jadi Ikon Profil Pelajar Pancasila

Mendengar itu, Ganjar langsung bersemangat dan yakin Indonesia akan menang dalam kompetisi APG kali ini. Ganjar juga meminta semangat dan mental juara saat itu, harus dikobarkan kembali.

”Itu ditanamkan mental juaranya untuk menang besok,” pinta Ganjar.

Dia juga berharap, APG ini selain jadi ajang untuk kembali berkompetisi secara langsung, juga menjadi titik balik untuk menunjukkan kemampuan atlet disabilitas Indonesia.

BACA JUGA: 33 Ribu Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air, 21 Ribu ke Madinah

”Saya percaya para atlet sudah menyiapkan diri dengan sangat baik. Mudah-mudahan besok jadi ajang yang menarik. Dan Insya Allah saya akan nonton,” janjinya.

Sementara itu, Ketua NPCI Jateng, Osrita Muslim menyampaikan, pihaknya menargetkan membawa pulang 28 medali emas, 20 perak dan 30 perunggu. Osrita mengungkapkan, ada 107 atlet dan pelatih asal Jateng, dari total 324 atlet yang mewakili Indonesia dalam APG 2022.

”Persiapan sudah luar biasa banget. Yang senior itu sudah pelatnas sejak Januari lalu. Yang biaya mandiri dari kita, pada Juni kemarin sudah persiapan,” ucap Osrita.

BACA JUGA: Gadaikan Mobil Rental, Pria Asal Semayu Selomerto Ditangkap Polisi

Dijelaskan dia, atlet disabilitas dari Jateng akan memperkuat tim Indonesia di 13 cabor, dari total 14 nomor cabang olahraga.

”Para atlet dari NPCI Jateng, sudah diasah secara optimal, demi mendukung kontingen Indonesia dalam mengejar target juara umum,” tegasnya.

Salah satu atlet disabilitas senior dari cabor tenis meja, Suwarti, menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Jateng, khususnya Gubernur Ganjar Pranowo. Suwarti menyebutkan, dukungan kepada atlet disabilitas sangat besar.

Support-nya dari pemerintah sangat luar biasa kepada kami atlet disabilitas. Dan itu yang menjadikan kami tambah semangat,” tandasnya.

Riyan