Bantuan stimulan jamban dari Dinas Provinsi Jawa Tengah ini dibagikan secara gratis kepada warga di Desa Lebak, Grobogan. Foto: Pemprov Jateng.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)  – Warga Desa Lebak, Grobogan mendapatkan bantuan stimulan pembuatan jamban dari Dinas Kesehatan Pemprov Jateng.

Pembangunan jamban untuk masyarakat di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan ini sebagai upaya menghindari untuk buang air besar (BAB) sembarangan, khususnya di sungai.

Menurut Rasmo, warga Lebak, selama ini dia dan warga lainnya biasa buang air besar di sungai, kebun atau lahan kosong lainnya.

“Terus terang saja, sebelumnya saya biasa buang air besar terpaksa di sungai. Kami harus berjalan cukup jaug, ini merepotkan bila malam hari apalagi sedang hujan. Setelah dapat bantuan jamban, jadi nyaman,” ungkap Rasmo.

Dengan adanya bantuan stimulan jamban ini, Rasmo dan keluarganya mengaku lega dan nyaman. Pasalnya, mereka bisa BAB kapan saja dan lebih nyaman dan sehat.

283 Keluarga

Kepala Desa Lebak, Kasman mengungkapkan bantuan stimulan untuk warga di desanya ini menyasar 283 KK pada tahun 2020. “Hampir semua warga sudah memiliki jamban di masing-masing rumahnya,” jelas Kasman.