blank
Kanwil Kemenkumham Jateng saat gelar temu sadar hukum. Foto: Dok/Humas Kumham Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan kesadaran hukum di masyarakat, Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar temu sadar hukum di 3 kelurahan, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HDKD ke-77 di bidang pelayanan publik, yang bekerja sama dengan perangkat Kelurahan Gayamsari, Pekunden, dan Kalicari.

Kepala BPHN Widodo Ekatjahjana mengungkapkan, peningkatan kesadaran hukum masyarakat merupakan salah satu modal besar bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan global. “Karena suatu daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi,” ujar Widodo.

Sementara tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah pembahasan mengenai pendirian Perseroan Perorangan dan pendaftaran merek.

Secara teknis, kegiatan temu sadar hukum diisi dengan penyuluhan hukum kepada masyarakat, oleh para penyuluh hukum Kanwil Kemenkumham Jateng.

“Sebagai upaya dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, maka perlu menciptakan dan meningkatkan lapangan kerja, dengan memberikan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan terhadap koperasi dan UMKM, serta industri dan perdagangan nasional,” jelasnya.

Diketahui pembinaan kepada desa sadar hukum ini digelar secara serentak di 33 Kanwil terhadap 77 desa sadar hukum, dan diikuti oleh 50 orang peserta berasal dari 2 kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di kelurahan masing-masing.

Kadarkum sendiri adalah wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat dengan kemauannya sendiri, berusaha meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Hal itu bertujuan agar setiap masyarakat mengetahui dan meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari perwakilan salah satu anggota DPRD Kota Semarang, Rahmulyo Adi Wibowo.

“Suatu kehormatan menjadi tuan rumah mendapatkan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang disampaikan Kemenkumham. Kegiatan ini sangat penting untuk mendapatkan ilmu mengenai produk hukum dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar dia.

Hadir di Gedung Graha Sari Gayamsari, Kepala Bidang Hukum, Deni Kristiawan bersama Camat Gayamsari, Moh. Agus Junaidi.

Sementara itu di Kelurahan Pekunden dihadiri oleh Camat Semarang Tengah, Aniceto Magno Da Silva bersama Lurah Pekunden Rohadi Rubiyanto, dan di Kalicari dihadiri oleh perwakilan Camat Pedurungan, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Lurah Kalicari, Catarina Nevy H.

Ning Suparningsih