blank
Para siswa dengan didampingi guru, sedang berjalan melakukan aksi bersih- bersih lingkungan jumput sampah.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 4 Cepiring mengadakan kampanye gerakan peduli lingkungan bersih di area Pekan Raya Kendal(PRK) Expo, Rabu(27/07/2022).

Gerakan peduli lingkungan bersih ini dilakukan, untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada siswa- siswi serta masyarakat Kendal bahwa kebersihan itu penting dan utama.

Kepala SMP Negeri 4 Cepiring, Sutrisno mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian para siswa, karena siswa melihat kondisi PRK Expo dipenuhi dengan banyak sampah, sekalipun sudah ada petugas dari Dinas Lingkungan Hidup.

Namun banyak masyarakat yang kurang tertib dan membuang sampah sembarangan, maka pihak SMP 4 Negeri Cepiring ini melakukan gerakan peduli lingkungan bersih.

“Ini sebagai wujud partisipasi peduli lingkungan. Selain itu, merupakan bagian dari sekolah adiwiyata. Maka para siswa dengan didampingi guru dan dari pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal melakukan jumput sampah di wilayah PRK Expo Stadion Utama Kendal,”papar Sutrisno.

Menurut Sutrisno, saat menjumput sampah, para siswa masih mengenakan seragam sekolah dengan memutari stand PRK Expo dan lingkungan pameran UMKM. Tak hanya itu, para siswa juga memberikan imbauan dan membawa spanduk.

“Tadi kami ketika akan masuk dalam lingkungan stand, dikira akan melakukan demonstrasi. Padahal yang kami lakukan adalah aksi gerakan peduli lingkungan. Akhirnya, para pengunjung stand menyadari setelah melihat anak- anak menjumputi sampah plastik,”kata Sutrisno.

Salah satu siswi SMP 4 Cepiring Widayanti, mengaku senang karena bisa bersosialisasi dan membersihkan lingkungan di kawasan PRK Expo ini.Sebab, dengan budaya bersih, menurutnya maka akan terjaga kesehatannya. Selain itu, lingkungan yang bersih juga indah dipandang.

Sementara itu, Kepala Bidang(Kabid) SMP 4 Cepiring, Muhammad Fadlullah, sangat mengapresiasi atas inisiasi gerakan peduli bersih lingkungan yang dilakukan pihak SMP Negeri 4 Cepiring ini. Menurutnya, akksi ini bisa menjadi cohtoh bagi sekolah- sekolah lain untuk melakukan hal yang sama.

“Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan. Karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna bagi kita semua,”ucapnya. Sapawi