PGN menggelar pelatihan dan sertifikasi penyambungan pipa jargas di wilayah DIY. Foto: pgn

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar, mengatakan, dalam rangka memberdayakan tenaga kerja lokal pada proyek jarigan gas (jargas), rumah tangga di wilayah DI Yogyakarta, Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk melalui Lembaga Sertifikasi Profesi PGN (LSP-PGN), bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi penyambungan pipa jargas.

Materi pelatihan meliputi penyambungan Pipa Polyethylene (Pipa PE) dan Pipa Galvanis, yang dilaksanakan pada Senin-Rabu (25-27/7/2022), dilanjutkan sertifikasi pada Kamis-Jumat (28-29/7/2022), di Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) DIY.

Pelatihan penyambungan Pipa Galvanis terbuka untuk calon peserta berpendidikan minimal SMP. Sedangkan Pelatihan Penyambungan Pipa PE, terbuka untuk calon peserta berpendidikan mininal SMA Jurusan IPA/SMK Jurusan Teknik.

BACA JUGA: Kapolres Kebumen Beri Penghargaan ke Personel dan Siswa Berprestasi

Setelah melalui rangkaian proses seleksi, pelatihan dan sertifikasi diikuti 30 peserta. Alumni diklat dan sertifikasi nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), serta kesempatan penempatan kerja di proyek jaringan gas Subholding Gas di wilayah DIY.

”Penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi terkait jargas diselenggarakan secara sinergis, dengan rencana konstruksi proyek jargas di Jateng dan DIY. Program ini ditargetkan untuk menggandeng putra daerah DIY, dan disiapkan menjadi SDM berkualifikasi pada proyek jargas,” kata Achmad Muchtasyar dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Menurut dia, SDM yang terlatih dan bersertifikat, akan dapat mempercepat sosialisasi proyek, menjaga kualitas hasil proyek jargas, mempermudah pelaksanaan pengoperasian dan pemeliharaan jargas ketika fase operasi.

BACA JUGA: Gedung MIN Wonosobo Mulai Dibangun, Di Mana Lokasinya?

”Pelatihan ini tidak dipungkut biaya. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa energi baik untuk mendukung Program Strategis Nasional jaringan gas rumah tangga, sekaligus pengembangan kualitas SDM dan perekonomian lokal DIY,” imbuh Kepala LSP-PGN, Agus Arifin.

Kepala BPLKPP DIY, Ariyanto Wibowo menambahkan, ini menjadi sebuah kesempatan bagus. ”Kebetulan ini kesempatan yang pertama di DIY, dan itu juga bisa digunakan dimana-mana. Setelah selesai pelatihan, harapannya alumni bisa memenuhi kebutuhan,” ujar dia.

Sedangkan Setiawan Rineksa selaku Kabid Pembinaan, Pelatihan, Standarisasi, dan Pemagangan Disnakertrans DIY menyampaikan, pelatihan ini menjadi pionir, sehingga kemungkinan keterserapannya tinggi.

BACA JUGA: Pendukung Persak Datangi Pendopo, Bupati Bertekad Renovasi Stadion

”Tujuan dari kerja sama ini, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten, dan bisa melakukan penyambungan pipa gas. Ini akan menarik, karena penggunaan gas bumi lebih murah,” terang Setiawan.

Di wilayah DIY, jargas akan dibangun di Kabupaten Kulonprogo, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta. Perluasan pembangunan jargas diharapkan dapat menjadi sumber energi yang lebih aman, praktis, dan terjamin pasokannya.

Riyan