blank
Ketua Umum DPP Ferari Prof Teguh Samudra SH, MH bersama peserta pengambilan sumpah Sidang Terbuka Pengangkatan Advokat DPD Ferari Jawa Tengah Ke-5 di Hotel Grasia Semarang, Kamis (21/7/2022). Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Sebanyak 53 peserta calon advokat mengikuti sidang terbuka pengangkatan sumpah advokat ke 5, yang diselenggarakan oleh Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grasia Semarang Kamis (21/7/2022).

Pada kesempatan itu, Prof Teguh Samudra SH, MH, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Federasi Advokat Republik Indonesia (DPP FERARI) menyampaikan harapannya kepada para advokat/pengacara yang baru diangkat sumpah advokat tersebut, untuk bisa bekerja secara profesional dan religius.

“Harapannya secara nasional, Ferari ingin melahirkan advokat yang profesional dan religius. Maksudnya, advokat itu bisa menguasai bidang hukumnya dari segala aspek hukum. Sedang untuk religius, agar advokat itu selalu ingat bahwa hidup kita ada yang lebih kuasa, yaitu Tuhan Yang Maha Esa, sehingga agar selalu tolong menolong kepada sesama manusia,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, karena kawasan Pantura adalah kawasan industri yang membutuhkan peran serta penasehat hukum, agar dalam menjalankan usahanya tidak melanggar hukum dan jangan sampai terjadi perbuatan melawan hukum, baik yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan maupun masyarakat di wilayah Jawa Tengah sehingga akan tercipta tertib hukum.

blank
Budi Purnomo, SH, MH Ketua Ferari Kabupaten Demak bersama Ketua Umum DPP Ferari Prof Teguh Samudra SH, MH usai Sidang Terbuka Pengangkatan Advokat di Semarang, Kamis (21/7/2022). Foto : Dok Absa

Anggota Ferari Jawa Tengah Terbesar

Sejak masuk ke Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2017 lalu, DPD Ferari Jawa Tengah memiliki jumlah anggota dan pengurus terbesar dibandingkan dengan kepengurusan DPD Ferari Provinsi lain di Indonesia.

“Sejak saya menjadi pengurus DPD Ferari Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 lalu hingga sekarang. Jumlah anggota kami ada kurang lebih sekitar 3000 dengan jumlah pengurus 220 di 26 cabang di Kota/Kabupaten di Jawa Tengah. Seluruh Indonesia, yang terbesar itu Jawa Tengah. Yang kedua Jawa Barat dengan 13 DPC,” jelas DR Edi Santoso, SH, MH Ketua Panitia Sidang Terbuka Pengangkatan Advokat Ferarri Jawa Tengah.

Dari angkatan pertama hingga kelima ini, lanjutnya, sudah ada 400 orang yang diambil sumpah dalam Sidang Terbuka Pengangkatan Advokat di Ferari Jawa Tengah.

“Kami telah menyelenggarakan PKPA 4 kali dan pengambilan sumpah lima kali. Kemudian selama ini, banyak yang mantan-mantan Polisi dan pengadilan ikut gabung ya. Terus terang Ferari Jawa Tengah ini paling besar anggotanya,” tandas Sekjen DPD FERARI Jawa Tengah ini.

Absa