blank
Penandatanganan Mou di bidang riset antara MAN 1 Jepara dan Fakultas Saintek Unisnu Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Tuntutan adanya implementasi kampus merdeka menjadikan tantangan tersendiri untuk Madrasah Aliyah negeri (MAN) 1 Jepara. Hal tersebut diwujudkan dengan dijadikannya MAN 1 Jepara sebagai madrasah riset. Madrasah riset diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dan riset para siswa MAN 1 Jepara.

Sebagai langkah awal, penjajakan untuk berbagi ilmu dan arah pengembangan riset, MAN 1 jepara kerja sama di bidang riset dengan Fakultas Saintek Unisnu Jepara.

blank
Hasil riset dari mahasiswa Fakultas Saintek dan teknologi Unisnu Jepara.

Acara yang dilaksanakan di MAN 1 Jepara, Rabu (20/7/2022) dihadiri oleh Kepala Sekolah MAN 1 Jepara, Drs H Ahmad Rifan beserta jajarannya, Dekan Fakultas Saintek Dias Prihatmoko, St, m.eng., Wakil Dekan 1 bidang akademik Nurcahyo K., M.Si., Wakil Dekan 3 bidang kerja sama Drs H Suharto, M.Hum serta seluruh kepala program studi di Fakultas Saintek.

“Di tempat kami, sudah kami bentuk beberapa bidang konsentrasi yang diampu oleh para-para guru yang kami sebut ‘pasukan riset’ yang sesuai dengan bidangnya, salah satunya di bidang teknologi”, ujar Kepala Sekolah MAN 1 dalam sambutannya.

blank
Salah satu hasil riset Fakultas Santek Unisnu Jepara.

“Oleh karena itu, dengan adanya MOU ini kami sangat berharap apabila ada tim kami yang berkunjung dapat dibukakan pintu seluas-seluasnya berkaitan dengan fasilitas dan sharing ilmu demi munculnya mutiara-mutiara baru bidang riset dari MAN 1 jepara”, lanjut Ahmad Rifan.

Sementara itu, dari pihak Fakultas Saintek Unisnu menyambut baik kerja sama dan siap membuka ruang diskusi dan riset untuk pengembangan bersama. Hal ini sebagai wujud ikhtiar implementasi kurikulum kampus merdeka, merdeka belajar (MBKM). Untuk pengembangan riset dibidang teknologi.

Dalam kesempatan ini pula, Fakultas Saintek memamerkan karya-karya hasil riset prodi prodi yang ada di saintek. Prodi Teknik Informatika dan sistem informasi menampilkan beberapa aplikasi Game, web, IoT.

Prodi desain komunikasi visual menampilkan Augmented Reality pembejalaran sholat, prodi budidaya perairan menampilkan hasil karya pengembangan probiotik dan pakan, prodi elektro menampilkan simulasi panel surya , prodi teknik sipil menampilkan beton tanpa semen, Prodi teknik industri menampilkan propotype desain manufaktur dalam bentuk 3D, dan desain produk menampilkan produk jadi manufaktur hasil karya desain mahasiswa.

ua/gunboy