blank
Petugas yang mengenakan rompi Health Quarantine tengah mencermati layar LCD dalam rangka memantau suhu tubuh jemaah haji kloter I SOC yang baru tiba kembali dari tanah suci Jumat (15/7) malam. Fto: Bagus Adji

Hasil pantauan suarabaru.id di gedung Muzdhalifah Asrama haji Donohudan Boyolali mengungkapkan, pemantauan suhu tubuh jemaah haji yang baru tiba dilaksanakan melalui thermo scanner.

Bila petugas yang mengenakan rompi bertuliskan Health Quarantine melihat adanya suhu jamaah yang melebihi ketentuan ketika melintas di depan kamera thermal scanner, langsung mengampirinya.

“Selanjutnya jemaah haji tadi diajak ke ruangan yang tersedia dan dipersilahkan melaksanakan swab test antigen,” kata Sarip.

Masih dalam kesempatan sama dari seorang petugas yang mengenakan rompi bertuliskan Health Quarantine dan keberatan disebut namanya mengatakan, pihaknya akan mengambil secara acak 40 jemaah kloter I SOC untuk diminta menjalani swab test antigen.

Meski ketentuan pengambilan sampel hanya 10 persen dari seluruh jemah haji yang tergabung dalam kloter I. Bila ada yang kedapatan hasilnya positif, jemaah bersangkutan akan diangkut dengan ambulans ke daerah asal oleh panitia.

Selanjutnya jemaah bersangkutan harus menjalani isolasi mandiri beberapa hari di kediaman masing masing dengan pantauan petugas kesehatan.

Bagus Adji