blank
Kegiatan Porsenap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang. Foto: Dok/Humas Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melaksanakan Pekan Olahraga dan Seni bagi Narapidana (Porsenap) yang berlangsung di lapangan Serbaguna Lapas Semarang, Jumat (15/7/2022).

Porsenap sendiri digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2022.

Dalam kegiatan dibuka oleh PLH Kepala Lapas Semarang, Dapat Sembiring dengan ditandai pemukulan gong secara simbolis dan penerbangan balon udara.

Dalam pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembacaan janji atlet dan wasit yang diikrarkan oleh perwakilan narapidana, yang dihadiri oleh seluruh pegawai, termasuk perwakilan narapidana pada setiap padepokan blok hunian.

Dapat Sembiring menyampaikan, ada lima cabang olahraga dan beberapa lomba kesenian yang dipertandingkan dalam kegiatan ini, diantaranya futsal, voli, catur, tenis meja, karaoke, lomba kebersihan kamar hingga perlombaan tradisional.

Dirinya berpesan kepada seluruh narapidana, agar mengikuti Porsenap dengan semangat dan dengan daya juang yang tinggi.

“Kompetisi ini tentunya harus selalu menjunjung tinggi sportivitas di lapangan, serta dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Sehingga harmonisasi, keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik, tanpa mengesampingkan semangat berkompetisi,” ungkapnya.

Terpisah, Kalapas Semarang Tri Saptono Sambudji menyebut, kegiatan olahraga ini merupakan salah satu program pembinaan untuk menambah imun tubuh. “Dalam masa pandemi ini, kita diharapkan dapat menjaga pola hidup sehat. Dengan adanya kegiatan perlombaan ini dapat meningkatkan imun tubuh serta menjaga pola hidup sehat,” terangnya.

“Jangan menjadikan kegiatan ini sebagai ajang unjuk kebolehan saja, tetapi hendaknya ini menjadi sarana untuk menjalin hubungan baik antar pegawai juga antar narapidana,” kata Tri Saptono.

Kalapas berharap kedepan mampu menjaga keamanan, ketertiban, profesional dan sportif selama melaksanakan kegiatan Porsenap berlangsung,” harapnya.

Agus, salah satu narapidana kasus narkoba 5 tahun penjara ini mengaku senang dengan adanya kegiatan Porsenap. “Disini kami bisa saling beradu kemampuan dan kekompakan antar penghuni,” ucap Agus.

Menurut Agus, kegiatan ini merupakan hiburan yang ditunggu-tunggu para napi. Selain itu bisa mengenal pegawai dan WBP lainnya lebih dekat.

Ning Suparningsih