blank
Sarana dan prasarana yang tersedia di Klinik Fertilitas Indonesia RS Keluarga Sehat Pati, membuat nyaman pasien. Foto: rsks

PATI (SUARABARU.ID)– Jajaran Manajemen Rumah Sakit Keluarga Sehat, belum lama ini meresmikan operasional Klinik Fertilitas Indonesia, yang ada di Jalan Panglima Sudirman No 9 Margorejo, Kabupaten Pati. Berdirinya klinik ini merupakan jalinan kerja sama dengan PT Morula Indonesia.

Menurut dr Kelvin Kurniawan MKes, wakil dari manajemen RS Keluarga Sehat, kerja sama yang terjalin ini, agar memudahkan integrasi antara kedua layanan kesehatan itu. Hal ini juga didukung penuh dengan tenaga kesehatan yang kompeten, fasilitas pelayanan yang nyaman, serta jejaring rujukan yang baik.

”Layanan yang ada di Klinik Fertilitas Indonesia yaitu, konsultasi program kehamilan, sperma analisa dan inseminasi. Inseminasi buatan atau Intra Uterine Insemination (IUI), merupakan suatu metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm), dengan sel telur secara natural, di dalam rahim,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/7/2022).

BACA JUGA: Banjir Besar di Pati, RSUD dr Soewondo Sampai Tergenang

Ditambahkan dia, tujuan dilakukannya IUI, untuk meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Sedangkan dr Akhmadi Arief SpOG, yang merupakan klinisi di RS Keluarga Sehat menjelaskan, indikasi untuk pasien yang mengikuti program inseminasi dari sisi laki-laki adalah, ejakulasi (pelepasan sperma) retrogard, disfungsi ereksi, kelainan anatomis alat kelamin, dan hasil sperma analisa yang abnormal.

Sementara indikasi dari sisi wanita adalah vaginismus, gangguan masa subur, endometriosis derajat ringan, serta ada juga yang disebut unexplained infertility.

BACA JUGA: Viral Plat Nomor Romantik Dipasang di Sepeda Motor, Diunggah Satlantas Polres Grobogan

”Tips sukses promil yaitu, pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat cukup dan olahraga teratur. Selain itu, hindari gaya hidup yang membuat kesehatan reproduksi terganggu, seperti merokok, minum alkohol, penyalahgunaan narkotika. Segera periksakan diri, apabila ada keluhan terkait organ reproduksi, baik wanita maupun pria,” imbuh dr Akhmadi.

Klinik Fertilitas Indonesia juga ada di kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti di Palembang, Solo, Pekanbaru, Bandung, Lampung, Samarinda dan di beberapa tempat lain juga sudah disiapkan proses pembangunannya.

Dalam sambutannya pada acara peresmian Klinik Fertilitas Indonesia di RS Keluarga Sehat, Sigit Ardiansyah, yang merupakan Regional Business Operation Manager Klinik Fertilitas Indonesia, menyampaikan, pihaknya didukung penuh dalam hal kompetensi tenaga kesehatan dan juga segi pemasarannya.

”Tujuan kami mendirikan Klinik Fertilitas Indonesia di RS Keluarga Sehat ini, untuk membantu pasangan suami istri di Kabupaten Pati dan sekitarnya, yang kesulitan mendapatkan buah hati,” tukasnya.

Riyan