blank
Rapat koordinasi KPU Kota Semarang bersama stakeholder terkait persiapan diluncurkannya aplikasi Sipirang. Foto: Dok/Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang bakal meluncurkan aplikasi Sipirang, yang akan dilaksanakan pada 19 Juli 2022 mendatang.

Sipirang sendiri merupakan visualisasi Pemilihan Umum Kota Semarang, yang didalamnya masuk seluruh data kepemiluan, baik Pilpres, Pileg ataupun Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang.

Hari Soesilo (Harsoes), selaku Sekretaris KPU Kota Semarang yang juga penggagas dan pembuat aplikasi Sipirang menyampaikan, dengan adanya Sipirang, pelayanan kebutuhan data terkait hasil Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Semarang akan mudah dan ringkas.

“Nantinya, masyarakat dari manapun bisa mengakses atau mendapatkan data hasil Pemilu melalui online,” kata Harsoes usai kegiatan Rapat Koordinasi persiapan peluncuran Sipirang bersama stakeholder di Aula KPU Kota Semarang, Kamis (14/7/2022).

Awal mula Harsoes mempunyai ide membuat aplikasi Sipirang, dia mengaku ada beberapa teman yang ingin mengetahui data terkait Pemilu, namun mereka harus mendatangi kantor KPU.

“Dari sana saya berpikir, bagaimana jika masyarakat bisa mengetahui data Pemilu melalui online,” kata Harsoes.

blank
Sekretaris KPU Kota Semarang, Hari Soesilo. Foto: Ning Suparningsih

Menurut Harsoes, melalui aplikasi Sipirang bukan hanya masyarakat Semarang saja yang bisa mengetahui data Pemilu, namun masyarakat dari manapun bisa mengaksesnya.

Harsoes menyebut telah mempersiapkan ini semua (peluncuran Sipirang) bersama team dalam waktu 3 minggu.

Dengan aplikasi Sipirang ini menurutnya akan menunjukkan efiensi dan bisa memangkas birokrasi pelayanan pada masyarakat yang membutuhkan data Pemilu.

Sipirang sendiri ada di website KPU Kota Semarang, bagian kanan bawah. Masyarakat cukup klik aplikasi Sipirang, data sudah bisa dilihat dan diunduh.

Sipirang, lanjut Harsoes, selain untuk memangkas birokrasi, juga untuk meningkatkan area pelayanan dari yang sebelumnya hanya lokal Semarangan, bisa jadi regional, nasional, bahkan internasional.

“Siapapun yang ingin mengetahui data Pemilu tinggal buka website dan klik aplikasi Sipirang. Sepanjang terhubung dengan internet, semua kebutuhan terkait data Pemilu Kota Semarang bisa diakses dan diunduh,” sambungnya.

Dia menambahkan, diluncurkannya aplikasi Sipirang ini untuk meningkatkan kepercayaan kepada KPU bahwa ternyata KPU share semua data Pemilu. Data yang diunggah dan diakses serta diunduh dalam Sipirang adalah data valid, legal dan tidak bisa diedit atau diubah.

“Silahkan kunjungi website KPU Kota Semarang dan manfaatkan layanan aplikasi Sipirang untuk kemudahan mendapatkan informasi hasil Pemilu khusus di Kota Semarang,” tandasnya.

Dalam peluncuran Sipirang pada tanggal 19 Juli nanti, rencana akan mengundang secara zoom diantaranya Kepala Staf Kepresidenan, Gubernur Lemhanas, Ketua KPU RI, Sekjen KPU, Walikota Semarang, Sekda dan para pimpinan dan pendukung dari stakeholder lainnya yang bekerja sama dengan KPU.

Ning Suparningsih