blank
Bandara Adi Soemarmo debarkasi Slo mu;lai menerima kepulangan jamaah haji mulai Jumat besok. Foto: DOk

BOYOLALI (SUARABARU.ID) – Masa pemulangan jamaah haji asal Jateng dan DIY bakal segeramulai. Sesuai jadwal kedatangan  jemaah haji Embarkasi Solo 1443 H/ 2022 M , kelompok terbang (Kloter) pertama akan mendarat di Solo pada Jumat 15 Juli 2022 esok.

“Kloter pertama yang mengangkut jemaah haji asal Kabupaten Pati sesuai jadwal pemulangan  akan mendarat pada 15 Juli 2022 jam 22.15 WIB,” kata kata Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin ketika di temui di Arama Haji Donohudan, Boyolali, Kamis (14/7/2022).

Sarip Sahrul Samsudin lebih lanjut mengatakan, sesuai ketentuan tidak ada karantina bagi jemaah haji setelah kedatangan di tanah air. Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan akan melakukan pemantauan kesehatan jemaah haji dengan melakukan pengecekan suhu badan melalui thermal scanner dan thermal gun di bandara internasional debarkasi.

“Gelombang pertama masa kepulangan jemaah haji Jateng dan DIY akan diterbangkan melalui bandara Jeddah,” kata Sarip Sahrul.

Mengenai jamaah haji embarkasi SOC yang wafat di tanah suci tercatat sebanyak tujuh orang. Rinciannya, enam orang meninggal di Mekah dan seorang lainnya di Madinah. Mereka adalah Purnomo Sokariyo Sastro  asal Gebang, dimakamkan di Madinah, Subagi Darnoso Daud dari Pati dimakamkan di Makkah.

Kemudian Yuli Nurani Hidayah asal Kebumen dimakamkan di Makkah, Muhammad Rodli Tamam  dari Kabupaten Jepara dimakamkan di Makkah, Karno Damo Abas dari Kabupaten Pemalang dimakamkan di Makkah, Romadhon Masrukin Mukharor dari Demak   dimakamkan di Makkah, Roiady Djamirin Sanmirsad dari Klirong Kebumen dimakamkan di Makkah.

Pada bagian lain Humas PPIH Embarkasi Solo  juga mengatakan, total jemaah yang diberangkatkan ke tanah suci sebanyak15.447 orang yang tergabung dalam  44 kloter.

Rinciannya yakni 15.179 Jemaah Haji, 172 Petugas Haji, 83 PHD, 13 Pembimbing KBIHU. Dari 44 kloter yang telah diterbangkan 43 kloter diterbangkan dari SOC dan 1 kloter dari JKG sebanyak 20 jamaah haji.

Bagus Adji