blank
Anita Afidatun Maulida juara cabang lomba kriya anyam pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2022 tingkat Kabupaten Jepara bersama Kepala SDN 4 Bangsri Lukman Khakim dan para guru. (Foto: Aksl)

JEPARA (SUARABARU.ID) – “Senang dan bangga.”Jawaban singkat itu disampaikan siswa SDN 4 Bangsri, Anita Afidatun Maulida, saat ditanya wartawan pada Rabu siang (13/7/2022). Saat itu wartawan bertanya bagaimana perasaannya menjadi juara. Meski telah melewati satu malam sejak mendapat kabar prestasinya, belum banyak yang bisa dia ungkapkan.

Anita, demikian sapaan akrabnya, adalah juara cabang lomba kriya anyam pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2022 tingkat Kabupaten Jepara. Dia tidak bisa banyak bercerita, karena sama sekali tidak mengira akan menjadi juara.

“Karya peserta bagus-bagus. Tidak mengira bisa juara. Makanya saya tidak menunggu pengumuman. Yang penting sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk sekolah,” kata Anita saat menceritakan ketatnya lomba tersebut.

blank
Kepala SDN 4 Bangsri Lukman Khakim dan Anita (Foto: Aksl)

Pada lomba itu, Anita yang mewakili Satkordik Kecamatan Bangsri membuat wadah kue berbahan bambu. Tujuh menit sebelum batas waktu habis, wadah berbentuk oval itu baru dia selesaikan.

“Lalu segera pulang karena melihat karya peserta lain juga bagus-bagus,” tambahnya.

Ternyata, selepas magrib ada telepon masuk dari kepala sekolah ke nomor ibunya, mengabarkan hasil tersebut.

“Ibu sampai berteriak karena terkejut,” cerita putri pertama dari tiga bersaudara pasangan Nasikun dan Ratna Herawati.

Kepala SDN 4 Bangsri Lukman Khakim yang mendampingi Anita dalam wawancara mengatakan, dia dan para guru pendamping juga tidak mengira akan mendapati kabar menggembirakan tersebut. Sama dengan Anita, mereka juga menilai karya peserta lain sama bagusnya.

“Jadi kami memilih pulang. Kasihan juga Anita sudah capai. Ternyata selepas maghrib panitia menghubungi saya, memberi kabar itu. Saya langsung meneruskan kabar gembira itu kepada orang tua Anita,” kata Khakim.

Khakim mengaku bangga memiliki anak didik yang ikut mengharumkan nama Satkordik Bangsri dengan menjadi juara 1. Anita dia sebut sebagai siswi multitalenta.

“Tahun lalu dia juara 1 tingkat kecamatan pada lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) cabang lomba khat. Sedangkan tahun ini juara 1 Mapsi cabang lomba salat,” kata Khakim lagi.

Menurutnya, kini pihak sekolah segera meneruskan fokus untuk mengasah keterampilan Anita lebih baik lagi. Sebagai juara kabupaten, dia akan mewakili Jepara maju ke babak seleksi nasional FLS2N.

Hadepe – Aksl