blank
Ilustrai mengonsumsi kopi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Belakangan ini kopi sedang sangat populer dan banyak dipilih untuk menemani dikala waktu santai, saat kerja, ataupun saat sedang menikmati suasana di rumah.

Dilansir dari Suara.com namun, kamu harus perhatikan konsumsi makanan saat kamu sedang minum kopi. Kamu tidak boleh asal-asalan meminum kopi dan makanan tertentu secara bersamaan, karena tidak baik bagi tubuh.

Terdapat makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari selama minum kopi. Jika kamu ingin tahu makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari, simak ulasan ini, yuk!

Baca Juga: Manfaat Uap Air Humidifier Bagi Kesehatan Tubuh

1. Susu

Belakangan ini banyak orang yang meminum kopi dengan campuran susu di siang hari agar tidak merasa terlalu lelah selama beraktivitas. Susu bisa menahan rasa lapar, sementara kopi bisa menahan rasa kantuk, sehingga keduanya terlihat menjadi perpaduan yang sempurna.

Namun, ternyata kamu tidak boleh mencampurkan keduanya di waktu bersamaan. Dikutip Voi, kopi bisa memberikan pengaruh pada penyerapan kalsium yang mana membuat kalsium akan terbuang lebih banyak melalui urin.

2. Daging

Selanjutnya terdapat daging sebagai makanan yang perlu kamu hindari selama meminum kopi. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan tennates yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral dalam makanan.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Rumput laut

Sehingga ketika kamu meminum kopi, maka seng atau zinc dalam tubuh akan terserap oleh kopi. Maka dari itu, kamu perlu menghindari minum kopi setelah memakan makanan yang mengandung zinc, seperti beberapa diantaranya kacang-kacangan, tiram, dan lainnya.

Dikutip Venison Cache, minuman yang tepat sehabis makan daging, terutama daging sapi, yaitu jus semangka, teh hijau, dan es jeruk lemon.

3. Gorengan

Siapa yang tidak suka bersantai makan gorengan dan segelas kopi hangat di pagi hari? Pasti sering dilakukan oleh banyak orang. Tetapi, ternyata makanan yang digoreng ini perlu kamu hindari saat minum kopi, lho.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Jus Lidah Buaya

Karena makanan yang digoreng cenderung memiliki tinggi lemak jahat dan kolesterol. Sementara bila dikonsumsi bersama dengan kopi, maka kemungkinan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu. Dikutip coffee for less, kopi bisa dikonsumsi dengan makanan seperti beri, kue kopi, dan roti panggang.

Kopi sering menjadi minuman yang nikmat untuk dikonsumsi dengan perpaduan makanan lainnya, tetapi ternyata beberapa makanan yang sering kita makan bersama kopi kurang baik bagi tubuh.

Nah, mulai sekarang kamu bisa cari pilihan makanan lainnya untuk menemani waktu menyeruput kopimu yang lebih aman untuk tubuh, ya!

Claudia