blank
Menko PMK, Menteri Kesehatan, Kepala BKKBN dan undangan lain menunjukkan buku Inpres tentang Kampung KB. Foto: Humas BKKBN

Sejarah Kampung KB

Pada kesempatan yang sama Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjelaskan sejarah Kampung KB dulu adalah Kampung Keluarga Berencana. Kemudian sebagai wujud dari Nawacita, maka Kampung KB dimulai dari kampung yang marjinal, terisolasi, tertinggal, dan terbelakang.

Kampung Keluarga Berkualitas secara Nasional untuk pertama kalinya dicanangkan oleh Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2016 di dusun Jenawi, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dalam perkembangannya sampai 11 Juli tahun 2022 terdapat 16.874 Kampung Keluarga Berkualitas yang telah dipetakan berdasarkan kualitas pengelolaannya.

“Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pendekatan pembangunan di tingkat desa/kelurahan yang dilakukan secara terintegrasi dan konvergen dalam penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. Diharapkan menjadi kampung yang mandiri, tentram dan bahagia,” kata Hasto.