blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) memberikan Sosialisasi Green Leadership kepada Karyawan BPR Restu Artha Makmur Semarang, baru-baru ini. (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) memberikan Sosialisasi Green Leadership kepada Karyawan BPR Restu Artha Makmur Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan mengambil tema ”Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman tentang Green Leadership”.

Tim PKM Fakultas Psikologi terdiri atas Dian Wishnu Brata SPsi MSi, Lisa Ardaniyati SPsi MA, Dr Constantinus SPsi MPsi, Psikolog dan Hermiana Vereswati SPsi MPsi.

Ketua Tim PkM, Dian Wishnu mengatakan, pihaknya memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai diperlukannya Greeen Leadership yang tertuang pada Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II (2021-2025).

Menurutnya, keuangan berkelanjutan merupakan dukungan menyeluruh dari sektor jasa keuangan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Adapun materi yang disampikan dalam sosialisasi ini antara lain, Taksonomi Hijau, Kinerja Green Leadership : Triple Bottom Line, Perilaku Ramah Lingkungan, dan Perilaku Menjaga Lingkungan Hidup.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini peserta dapat mengaplikasikan perilaku menjaga lingkungan dan perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari di ruang lingkup pekerjaan sektor perbankan,” kata Wishnu.

Dengan kata lain, lanjutnya, perbankan tidak hanya berfokus pada pencapaian target keuangan tetapi dapat turut serta berpartisipasi menjaga lingkungan seperti penerapan penghijauan di lingkungan, penggunaan AC, listrik dan air yang tepat guna, perilaku membuang sampah pada tempatnya, penerapan penggunaan tong sampah organik dan anorganik serta perilaku ramah lingkungan lainnya.

Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan. Peserta diajak memahami dampak pemanasan global terhadap segala aspek kehidupan masyarakat. Dampak tersebut antara lain, kabakaran hutan, mencairnya es di Kutub, terjadinya banyak wabah penyakit, krisis air bersih, naiknya dan meningkatnya suhu air laut, dan masih banyak lagi.

“Seluruh peserta diajak untuk membuka diri terhadap perubahan positif dan berpartisipasi berperilaku ramah lingkungan untuk kelansungan hidup yang lebih baik di masa depan,” imbuh Lisa Ardaniyati.

Menurutnya, kegiatan pengabdian masyarakat berjalan lancar. Peserta mendapat pengetahuan secara menyeluruh pentingnya keterkaitan penerapan perilaku ramah lingkungan di lingkungan pekerjaan khususnya di sektor perbankan.

Muhaimin