blank
Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin. Foto: Dok/Humas Kemenkumham

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto mengunjungi Rumah Tahanan Kelas 1 Surakarta.

Dalam kunjungannya, Kakanwil disambut Karutan Kelas 1 Surakarta, Urip Dharma Yoga dan meninjau langsung kondisi Rutan Kelas 1 Surakarta.

Pada kesempatan itu Kakanwil meninjau ruangan portir, aula dan masjid Rutan Kelas 1 Surakarta.

Setelah melakukan peninjauan lingkungan, Kakanwil mengumpulkan seluruh petugas dan memberikan pengarahan di Aula Gedung Utama Rutan Kelas 1 Surakarta.

Dalam arahannya, Yuspahruddin mengapresiasi kinerja petugas Rutan Kelas 1 Surakarta dalam upaya penggagalan percobaan pelarian salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terjadi beberapa hari lalu.

Yuspahruddin menegaskan agar seluruh petugas harus memiliki komitmen yang sama dalam menjaga keamanan di Rutan.

“Kita harus mempunyai komitmen bersama menjaga keamanan, karena sesuai amanat UU Pemasyarakatan, selain pembinaan kita memiliki tugas dan fungsi pengamanan,” tegasnya, Sabtu (9/7/2022).

Kakanwil juga memberi nasehat kepada jajaran Rutan Kelas 1 Surakarta, terkait mulai diberlakukannya kunjungan tatap muka untuk bisa memberikan pelayanan yang baik dan menjadi kebaikan bagi orang yang dilayani.

“Al Insan Abdul Ihsan, manusia harus mengabdi kepada kebaikan. Kita wajib memberikan kebaikan kepada siapapun, lebih khusus berupa pelayanan prima bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Urip Dharma Yoga, menyampaikan bahwa per hari ini, jumlah WBP di Rutan Kelas 1 Surakarta sebanyak 620 orang.

Untuk kapasitas ruang hunian hanya untuk 293 orang. Sedangkan jumlah petugas Rumah Tahanan Kelas 1 Surakarta ada sebanyak 127 orang.

Ning Suparningsih