Johannes Van Der Steur
Selain akan menggelar pameran foto dan arsip yang terkait tokoh kemanusiaan Belandan Johannes Van Der Steur, Komunitas Kota Toea Magelang juga melakukan pembersihan makam yang ada di dalam kompleks Kerkhof di Jalan Ikhlas, Kelurahan Magersari, Kota Magelang. Foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Komunitas Kota Toea Magelang akan menggelar pameran foto dan arsip terkait tokoh kemanusiaan asal Belanda di Magelang Johannes Van Der Steur.

Pameran  yang bertajuk “ Festival Johannes  Van Der Steur” di komplek  Kerkhof ( pemakaman Belanda) yang ada di Jalan Ikhlas, Kelurahan Magersari, Kota Magelang, 11-17 Juli mendatang.

“Pameran ini merupakan pameran yang pertama kalinya digelar di Kota Magelang di sebuah kompleks pemakaman kuna, Yakni, di kompleks  Kerkhof (pemakaman Belanda) yang ada di Kota Magelang,” kata Koordinator Komunitas Kota Toea Magelang, Bagus Prijana , Sabtu ( 9/7/2022).

Johannes Van Der Steur
Koordinator Komunitas Kota Toea Magelang, Bagus Prijana. Foto: W. Cahyono

Bagus mengatakan, pihaknya memilih kompleks Kerkhof sebagai tempat pameran tersebut, karena di kompleks pemakaman Belanda itu, salah satunya terdapat makam pahlawan kemanusiaan di era penjajahan Belanda yang sangat peduli akan nasib anak-anak pribumi.

Selama enam hari tersebut di kompleks Kerkhof tersebut  akan dipamerkan  foto-foto dan  arsip  yang berkaitan dengan perjalanan sejarah kemanusiaan Johannes van der Steur di Magelang.

Menurutnya, pada pameran tersebut, tidak hanya foto-foto dan arsip-arsip yang berkaitan pria kelahiran Harleem, Belanda 10 Juli 1865 silam, tetapi juga ada arsip surat kabar lama  berbahasa Belanda yang juga berkaitan dengan pahlawan kemanusaiaan tersebut.

“Selain itu, kami juga akan memamerkan serpihan-serpihan marmer makam Belanda yang ada di komplek makam tersebut.  Pameran init  dibuka untuk umum, namun terdapat pembatasan kuota, karena lokasi pameran juga sangat sempit,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain pameran tersebut kegiatan lainnya yang berkaitan dengan peringatan hari lahirnya Johannes Van Der Steur tersebut juga akan digelar bedah sejarah dan pemutaran film dokumenter di Museum BPK RI.

Sedangkan di akhir kegiatan tersebut, akan dilakukan jelajah sejarah dengan mengunjungi Kerkhof Johannes Van Der Steur di Jalan Ikhlas, Kelurahan Magersari dan juga ke bekas panti asuhan yang didirikan van de Steur di Kampung Meteseh, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan kegiatan membersihkan kompleks makam Johannes Van Der Steur.

Bagus mengatakan, tujuan dari kegiatan pameran tersebut, selain memperingati hari lahirnya  tokoh kemanusiaan Belanda bagi  warga Magelang tersebut.

Selain itu, juga  untuk mengingat kembali jasa Johannes Van Der Steur  yang mempunyai misi menyelamatkan anak-anak di Magelang  yang didera kesusahan di masa penjajahan Belanda.

Di kompleks Kerkhof ( pemakaman umum Belanda) yang ada di Jalan Ikhlas, Kelurahan Magersari, Kota Magelang  saat ini masih tersisa  25 nisan makam orang Belanda dengan jasad yang dikubur sekitar  40 jenazah. W. Cahyono