MURI
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi bersama dengan Kapolres Magelang AKBP Yolanda Evalyn Sebayang ikut menari "Gugur Gunung" dalam pemecahan Rekor MURI di Alun-alun Kota Magelang. Foto: W.Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 1.425 penari dari berbagai elemen masyarakat di  Kota Magelang dan sekitarnya berhasil memecahkan rekor Indonesia (MURI) menari tarian Gugur Gunung yang diselenggarakan Polres Magelang Kota.
Kegiatan pemecahan rekor MURI dalam rangkaian HUT Ke-76 Bhayangkara tingkat Polres Magelang Kota tersebu dipusatkan di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (7/7/2022).
” Pemecahan  rekor MURI ini dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-76 Bhayangkara tingkat Polres Magelang Kota,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang.
Yolanda mengatakan, pemecahan rekor MURI tarian Gugur Gunung tersebut tidak hanya tariannya, melainkan makna dari tarian tersebut yakni gotong royong.
“Dari Kota Magelang ini, kita sebarkan semangat kebersamaan ke seluruh Indonesia,” katanya.
Ia menambahkan, peserta menari bersama tarian Gugur Gunung tersebut tidak hanya diikuti peserta yang terpusat di Alun-alun Kota Magelang saja, melainkan dari berbagai tempat. Bahkan, ada juga yang mengikuti secara daring di kota lainnya.
“Peserta menari bersama ini  juga diikuti peserta secara daring dari Kalimantan Timur, Banten,Jakarta, Bandung dan lainnya. Ini yang ingin kita tularkan semangat kebersamaan masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Menurutnya, pemecahan rekor tarian Gugur Gunung tersebut, Polres Magelang Kota hanya menargetkan sebanyak 3.000 penari saja.Tetapi, animo masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya cukup tinggi,yakni mencapai 14.245 penari.
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi mengapresiasi Polres Magelang Kota yang telah menggelar kegiatan pemecahan  rekor MURI tersebut.
“Kegiatan ini dalam rangka mempersatukan budaya di masyarakat,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi.
Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 Bhayangkara bagi masyarakat luas.
Sementara itu, Winda Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mengatakan, penyelenggaraan menari bersama  tarian Gugur Gunung  dengan peserta terbanyak dan tercatat sebagai dalam rekor MURI ke-10.416
“Tarian massal Gugur Gunung ini  tercatat sebaga rekor MURI baru denga jumlah peserta terbanyak yakni  14.245 peserta dengan penari secara luring sebanyak 11.507 dan penari secara daring sebanyak 2.738,” katanya.

Sebelum pemecahan rekor MURI tersebut, juga ditampilkan tarian khas Magelang, yakni Kunthulan yang ditampilkan siswa-siswi SD dan SMP.W.Cahyono