blank
Sekda Edy Sujatmiko saat sosialisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko menegaskan  perangkat daerah yang belum bisa mencapai target penyerapan anggaran agar menghubungi Bagian PBJ atau Inspektorat, sehingga bisa ditemukan  solusi. Disamping itu, dalam pengadaan barang hendaknya mengutamakan produk lokal.

Hal tersebut disampaikan Sekda Edy Sujatmiko saat sosialisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di lingkungan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab).Acara tersebut berlangsung di Gedung Shima Setda Jepara dan diikuti admin P3DN perangkat daerah, pada Selasa (5/7/2022).

Tujuan pelaksanaan P3DN antara lain adalah memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

Kepala Bagian PBJ Hasannudin Hermawan menjelaskan data per 30 Juni 2022, perangkat daerah yang telah mencapai persentase 100 persen atas klarifikasi/validasi komitmen pengadaan barang dan jasa dengan PDN dari nilai seluruh pengadaan barang dan jasa, diantaranya Inspektorat, BKD, Diskarpus, Kecamatan Mayong, Kecamatan Bangsri, Kecamatan Welahan, Kecamatan Batealit, dan Kecamatan Jepara.

Menurut Hasannudin Hermawan implementasi P3DN didasari oleh Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hadepe