blank
Pembukaan Pesonas yang berlangsung di Holy Stadium Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 21 Provinsi ikut dalam kejuaraan Pekan Olympic Spesial Nasional (PeSOnas) 2022 yang diikuti penyandang disabilitas.

Dalam pembukaan yang berlangsung di Holy Stadium, Semarang pada Senin (4/7/2022) malam itu dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Zainudin Amali mengapresiasi Jawa Tengah yang menjadi tuan rumah, bahkan akan menjadi tuan rumah ASEAN Paragames mendatang.

Menurutnya, Jateng sangat luar biasa, mampu menjadi penyelenggaraan Pekan Spesial Olimpik Nasional. Dan pada 30 Juli sampai 11 Agustus mendatang, Jawa Tengah juga akan menjadi tuan rumah ASEAN Paragames.

Dikatakan, Pesonas merupakan nama baru dari Pekan Paralimpik. Sebanyak 1.724 atlet penyandang disabilitas dari 21 Provinsi ini akan bertanding untuk 12 cabang olahraga hingga Kamis (7/7/2022) mendatang.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, para peserta harus berkompetisi dengan sportif. Baik yang menang Pekan Special Olimpics dan yang kalah harus menjunjung tinggi rasa persaudaraan.

“Saya harap dalam bertanding harus secara sportif. Yang kalah tidak boleh nangis, yang kalah juga tidak boleh jumawa, karena kita semua bersaudara,” kata Ganjar.

Pada kesempatan tersebut, CEO PT. Marimas Putera Kencana, Harjanto Halim menyampaikan, pihaknya sangat mendukung gelaran ini. “Pesonas ini bukan sekedar ajang untuk pertandingan olahraga bagi anak-anak luar biasa,” ujarnya

“Pesonas adalah ajang untuk menggugah kesadaran keluarga dan masyarakat, bahwa ada anak-anak berbakat luar biasa diantara kita yang sering diabaikan, bahkan dianggap tidak ada,” tukas Halim.

Menurut Halim, Pesonas adalah ajang refleksi. “Hanya orangtua yang luar biasa yang diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk menjaga, merawat dan menghargai anak-anak luar biasa ini,” tandasnya.

Ning Suparningsih